Sukses

Health

Benarkah Makan Nanas Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi? Cek Kandungan Nutrisinya

Fimela.com, Jakarta Seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, semakin banyak orang yang mencari alternative alami untuk mengurangi kolesterol tinggi. Salah satu makanan yang diklaim memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah nanas. Namun, benarkah makan nanas bisa turunkan kolesterol tinggi?

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi nanas secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat tinggi dan antioksidan dalam nanas, yang dapat membantu membersihkan plak dalam pembuluh darah dan menurunkan risiko penyumbatan. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, enzim alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Bromelain diyakini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mencerna lemak dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Meskipun demikian, tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa nanas secara khusus dapat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh manusia. Selain itu, konsumsi nanas tidak boleh dianggap sebagai pengganti pengobatan yang diresepkan oleh dokter, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kolesterol tinggi yang serius. Untuk mengurangi kolesterol tinggi, penting untuk mengombinasikan konsumsi nanas dengan pola makan sehat secara keseluruhan, termasuk mengurangi konsumsi lemak jenuh dan makanan olahan serta meningkatkan konsumsi serat, ikan, dan sayuran. Yuk cek nutrisi selengkapnya dalam buah nanas:

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Buah nanas, atau ananas comosus, adalah buah tropis yang populer di seluruh dunia karena rasanya yang segar dan manis serta kandungan nutrisinya yang kaya. Buah nanas mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C, mangan, serat, dan enzim bromelain. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan gigi.

Satu porsi buah nanas mengandung sekitar 79 mg vitamin C, yang merupakan sekitar 131% dari asupan harian yang direkomendasikan. Buah nanas juga mengandung mangan, mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, mangan juga berperan dalam pembentukan jaringan ikat dan memperkuat tulang. Satu porsi buah nanas mengandung sekitar 76% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk mangan.

Selain itu, buah nanas juga kaya akan serat, yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas juga memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Jadi, jika memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi, memasukkan nanas ke dalam pola makan sehat dapat menjadi salah satu langkah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading