KAPANLAGI NETWORK
MORE

Pernah Idap Tumor, Andien Punya Pesan Khusus untuk Waspada Kanker Payudara

Rabu, 11 Oktober 2017 10:00 Oleh: Stanley Dirgapradja

Sewaktu sempat idap tumor di jaman SMU, Andien tak pernah menyangka bahwa ia yang menjaga gaya hidup sehat pun berpotensi terkena.

Ternyata, hanya 5-10% faktor genetik yang menyebabkan seseorang bisa terkena kanker payudara. Sementara sisanya lebih terkait faktor lingkungan dan gaya hidup. Kenyataan yang membuat kanker payudara lebih dekat dengan kita saat ini. Sebuah kondisi yang sangat mengkhawatirkan pastinya.

Karena itu, Andien yang punya riwayat tumor payudara tidak ingin ketinggalan untuk menggaungkan bahaya kanker yang kini menjadi penyakit kanker nomor 2 paling mematikan di Indonesia saat ini. Terlebih bagi kita yang tinggal di kota besar, risiko kanker begitu tinggi. Tak hanya gaya hidup yang susah dikendalikan, potensi stres yang juga memicu kanker juga sangat besar.

Seperti yang diucapkan Andien di video ini, ia terkena tumor saat masih SMU. Dan kanker payudara bisa diidap seseorang bahkan saat seorang perempuan masih berusia 14 tahun. Deteksi dini tidak bisa mendeteksi kanker payudara, tapi rajin-rajin SADARI (periksa payudara sendiri) akan membuat kita lebih menyadari bentuk fisik kita dan merasakan bila ada sesuatu yang berbeda di tubuh kita. Dan seperti Andien, mari menjaga kualitas hidup dengan makan yang sehat dan rajin berolahraga.

Komentar Anda
Keep going