Sukses

Lifestyle

Yuk, Kenalan Sama CEO Baik Hati Se-Indonesia

Fimela.com, Jakarta Nama Kokok Herdianto Dirgantoro mulai dikenal publik setelah kebijakan cuti hamil yang ia buat tersebar ke khalayak. CEO Opal Communication ini mengizinkan karyawati yang sedang hamil untuk cuti selama 6 bulan. Kerennya lagi, selama masa cuti, gaji karyawati akan dibayarkan penuh seperti ia bekerja aktif. Edan! Keputusan sinting itu mengundang banyak tanya mengenai alasan terciptanya kebijakan tersebut. 

Nih, Bintang.com berhasil menghimpun alasan kenapa CEO lulusan Universitas Brawijaya ini mengeluarkan kebijakan keren. Simak ya!

Just reminder...

Awalnya, ia menulis status di akun Facebooknya  (Via: facebook.com/kokok.dirgantoro)
Awalnya, ia menyebarkan kabar baik tersebut lewat akun Facebook pribadinya. Rupanya, respon dari status tersebut disambut baik oleh teman-teman Facebooknya. Belakangan diketahui ia memiliki pengalaman tidak enak mengenai keadaan istrinya semasa hamil anak pertama. Pada saat itu, istrinya Dini Afiaty, berstatus karyawati hamil yang keadaannya sangat payah, tidak bisa beraktivitas normal karena mual dan muntah terus menerus.

Namun, istrinya dituntut untuk bekerja karena belum mendapatkan cuti hamil. Sedangkan kalau si istri tidak bekerja, cicilan rumah mereka akan keteteran. Dari situ, ia berjanji jika suatu saat ia punya perusahaan, ia akan adil terhadap karyawati yang sedang hamil. 10 tahun kemudian setelah janjinya diucap, ia menepatinya. Namun pengalaman sang istri bukan satu-satunya alasan. Ada beberapa pertimbangan lain yang ia pikirkan dan share kepada rekan kerjanya yang lain.

Air Susu Ibu (ASI) ekslusif untuk bayi baru lahir

Air Susu Ibu (ASI) ekslusif untuk bayi baru lahir  (Via: sheknows.com)
Alasan pertama mengapa ia mengizinkan karyawati cuti hamil 3 bulan lebih lama dari aturan pemerintah adalah ASI. Pemberian ASI ekslusif langsung selama 6 bulan dapat menghasilkan generasi emas Indonesia.

Biaya Kesehatan Anak

Biaya Kesehatan Anak  (Via: thesmartmama.com)
Dari pemberian ASI ekslusif menguatkan daya tahan tubuh anak. Dengan begitu, anak jarang terserang penyakit dan biaya kesehatan yang keluar akan sedikit.

Ketenangan karyawati dalam proses melahirkan

Ketenangan karyawati dalam proses melahirkan  (Via: wetheuncivillised.org)
Keberhasilan melahirkan seorang ibu tidak hanya ditentukan oleh kondisi fisik, namun juga ketenangan dari dalam dirinya. Dengan waktu istirahat yang lebih lama, diharapkan pikiran si ibu akan lebih tenang dan resiko dalam proses melahirkan pun jadi lebih rendah.

Masa Depan Indonesia

Masa Depan Indonesia  (Via: usmine.net)
Kembali lagi ke pemberian ASI ekslusif. Dengan memberikan ASI selama 6 bulan penuh, maka anak lebih kuat, cerdas, dan sehat. Dalam jangka panjang, hal tersebut akna berpengaruh pada pertumbuhan generasi Indonesia yang brilian.

Di negara lain sudah di lakukan

Di negara lain sudah di lakukan  (Via: thetimes.co.uk)
Sebelum kebijakannya itu, di negara lain sudah menerapkannya terlebih dahulu. Di Belgia, cuti hamil bisa sampai setahun. 

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa Kokok Dirgantara memberikan cuti hamil selama 6 bulan di perusahaan yang ia kelola. Baik hati banget nggak sih CEO yang satu itu? Semoga kebijakannya menginspirasi perusahaan lain di Indonesia deh ya.. Aamiin~ :D

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading