Sukses

Lifestyle

Mengenal Inge Lehmann, Sang Penemu Inti Bumi

Fimela.com, Jakarta Hari ini tepat 127 tahun yang lalu seorang seismolog lahir di dunia. Dia lah Inge Lehmann, seorang penemu inti bumi. Lehmann lahir pada 13 Mei 1888 di Copenhagen, Denmark. Ayahnya adalah seorang psikolog eksperimental, Alfred Georg Ludvik Lehmann.

Inge Lehmann | via: cekkulkass.com

Lehmann belajar di sekolah yang dipimpin oleh bibi dari fisikawan Niels Bohr, Hanna Adler. Diketahui kalau ayahnya dan Adler merupakan 2 orang yang mempengaruhi perkembangan intelektualnya.

Inge Lehmann | via: yenisafak.com.tr

Dia mempelajari matematika di University of Copenhagen dan University of Cambridge. Selanjutnya, dia menyelesaikan gelar magisternya di bidang ilmu fisika dan matematika dalam 2 tahun di Cambridge. Ketika kembali ke Denmark pada 1923, dia menerima posisis di Copenhagen University sebagai asisten J.F. Steffensen, profesor ilmu aktuaria.

Inge Lehmann | via: videnskabsfolk.dk

Ketertarikan Lehmann pada seismologi bermula dari 1928 ketika dia lulus ujian geodesi dan menerima jabatan sebagai geodesis negara dan kepala departemen seismologi di Geodetical Institute of Denmark yang dipimpin oleh Niels Erik Nørlund.

Inti bumi | via: amnh.org

Setelah tahun 1953, Lehmann pindah ke Amerika dan berkolaborasi dengan seismolog di sana pada investigasi kerak dan mantel luar bumi. Selama proyek berlangsung, dia menemukan diskontinuitas seismik lain yang terbentang di antara 190 kilometer dan 250 kilometer. Di sini lah akhirnya dia menemukan letak kerak bumi.

Inge Lehmann | via: cekkulkass.com

Inge Lehman mendapat banyak penghargaan sebagai penemu inti bumi. Dia meninggal pada 21 Februari 1993 di tempat kelahirannya.Baca juga: Google Ajak Pengguna Internet Mengenang Inge Lehmann

Loading
Artikel Selanjutnya
Lebih Aman dan Sederhana dengan Teknologi Tanpa Sandi
Artikel Selanjutnya
Jelajah Data Ilmiah Tentang Iklim dengan Seni di Hari Bumi