Sukses

Lifestyle

Tanpa Inge Lehmann, Kita Nggak Akan Tahu Hal-hal Ini

Fimela.com, Jakarta Hari ini, Google merayakan hari kelahiran Inge Lehmann yang ke-127. Inge Lehmann adalah seorang ilmuwan asal Denmark. Ia menemukan lapisan-lapisan yang terdapat di bumi. Menurutnya, bumi tidak hanya terdiri terdiri dari satu lapis, tapi masih ada beberapa lapisan lagi. Nah, kali ini Bintang.com bakal membahas lapisan-lapisan bumi yang berhasil ditemukan Inge Lehmann.

1. Kerak Bumi

Kerak bumi (Via: slideshare.net)

 

Kerak bumi merupakan lapisan terluar dari bumi. Ibaratnya, kerak bumi adalah kulit. Tebalnya mencapai 70 kilometer yang terdiri dari bebatuan. Lapisan ini ditinggali oleh makhluk hidup. Diketahui, suhu di bagian bawah kerak bumi  >1.000  derajat celcius.

 

2. Selubung Mantel

Selubung mantel (Via: aup.e-duku.net)

 

Nah, kalau selubung mantel adalah lapisan pertama yang berada pas di bawah kerak bumi. Lapisannya mencapai 2.900 kilometer dengan suhu sekitar 3.000 derajat celcius.

3. Inti Bumi

Inti bumi (Via: uniqpost.com)

 

Inti bumi adalah bagian terdalam dari bumi. Coba deh lihat gambar di atas, yang warna putih itu adalah inti bumi. Isinya material cair, dengan susunan logam besi (90%), nikel (8%), dan 2% bahan lainnya. Tebal lapisan luarnya sekitar 2.000 kilometer yang terdiri dari besi cair dengan suhu sekitar 2.000 derajat celcius. Di dalamnya terdapat bola dengan diameter sekitar 2.700 km. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4.500 derajat celsius.

Hmm.. Kalau nggak ada Inge Lehmann, kamu pasti nggak akan tahu dalamnya bumi ada apa saja. Oiya, belakangan ini dikabarkan kalau di dalam bumi ada kehidupan, lho! Hiiii. >.<

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading