Sukses

Lifestyle

Isra Miraj: 7 Fakta yang Kamu Tidak Tahu Tentang Masjid Al-Aqsa

Fimela.com, Jakarta Isra Mi'raj yang jatuh pada 27 Rajab (16 Mei 2015) dirayakan oleh umat Islam seluruh dunia. Apabila membicarakan Isra Mi'raj, tentu tidak akan terlepas dari Masjid Al-Aqsa. Umat muslim percaya, di masjid Al-Aqsa inilah Rasullah naik ke surga untuk menerima perintah shalat lima waktu langsung dari Allah.

Masjid Al-Aqsa terletak di kota Yerusalem. Kota Yarusalem itu sendiri merupakan kota penting bagi berbagai agama, diantaranya Islam, Kristen, dan Yahudi. Kepemilikian teritori berkenaan dengan kota Yerusalem ini masih menjadi perdebatan. Apakah masuk dalam wilayah Israel atau Palestina.

Ini dia 8 fakta yang kamu tidak tahu tentang masjid Al-Aqsa

Terdapat makam di masjid Al-Aqsa. (Via: en.wikipedia.org)

#1 Tidak hanya berupa satu masjid

Memang ada beberapa masjid yang ada di komplek masjid Al-Aqsa. Kadang orang beranggapan masjid Al-Aqsa sebagai bangunan yang ada di paling selatan. Padahal, itu adalah masjib Qibly. Di dalamnya juga terdapat masjid Buraq, Masjid Marwani, dan beberapa masjid lainnya.

#2 Terdapat makam di Masjid Al-Aqsa

Memang tidak diketahui berapa banyak Nabi dan sahabat Nabi yang dikebumikan. Makam Nabi Sulaiman menjadi salah satu Nabi yang diduga ada di masjid Al-Aqsa

#3 Dulunya adalah tempat pembuangan

Pada masa para Yahudi tidak boleh memasuki kota, orang-orang Roma menjadikan area masjid ini sebagai tempat pembuangan sampah. Saat Umar bin Khatab, sahabat Rasulullah, berhasil menduduki Yerusalem, beliau membersihkan sampah-sampah itu dan mengundang 70 keluarga untuk kembali ke kota.

#4 Dulunya digunakan sebagai kandang kuda, istana, dan tempat eksekusi

Saat perang salib berlangsung, pasukan Nasrani menemukan sebagaian besar populasi muslim berlindung di masjid Al-Aqsa. Setelahnya pasukan Nasrani mengubah fungsi Masjid Qibla menjadi istana, Kubah Shakhrah menjadi gereja, dan ruangan bawah tanah menjadi kandang kuda.

Mimbar Nooruddin Zengi. (Via: en.wikipedia.org)

#5 Memiliki mimbar yang legendaris

Nooruddin Zengi, salah satu pahlawan ternama dalam Islam mempunyai mimbar khusus yang terletak di masjid Al-Aqsa. Tidak hanya indah, mimbar ini dibuat tanpa paku satu pun.

#6 Kubah Shakhrah terlihat berbeda

Kubah Shakhrah adalah kubah pertama yang pernah dibangun dalam sejarah Islam. Awalnya kubah ini terbuat dari kayu namun, pada masa Ottoman terjadi pemugaran dengan menambahkan lapisan emas.

Masjid Al-Aqsa pernah terbakar. (Via: seetheholyland.net)

#7 Pernah terbakar

Karena berada di wilayah konflik tentu saja tidak dapat terelakkan kalau keadaan sekitar masjid Al-Aqsa tidak sepenuhnya aman. Bombardir yang dilakukan kedua pihak menyebabkan terbakarnya masjid Al-Aqsa. Maka, masjid Al-Aqsa melakukan pemugaran beberapa kali.

 

Itu dia fakta-fakta masjid Al-Aqsa yang kamu tidak tahu. Selamat hari Isra Mi'raj bagi kamu yang merayakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading