Sukses

Lifestyle

Gak Cuma Beras Plastik, 5 Barang Ini Dibajak China Habis-Habisan!

Bintang.com, Jakarta Urusan bajak-membajak dan memalsukan barang-barang, China jagonya. Yang bikin kesal, bukan hanya beredar di negara itu, barang tiruan termasuk beras plastik ini juga diedarkan ke seluruh penjuru bumi.

Dari lansiran cracked.com, ada sekitar lima barang yang gak sembarangan tapi berhasil dipalsukan oleh China dan kemiripannya 99%! Barang apa saja itu? Nih Bintang.com uraikan buat kamu. Siap-siap sesak nafas, ya.

Rokok

Perangkat keras sistem persenjataan AS palsu (Via: cracked.com)

Apa merek rokok luar negeri favoritmu? Mending beralih ke produk Indonesia saja, deh. Bukan apa-apa, ternyata banyak rokok palsu buatan China. Label Marlboro, Benson & Hedges, sampai Newports semua habis dibajak. Diyakini 1 dari 3 rokok yang beredar di Amerika Serikat adalah palsu. Nah, lho!

Hardware Sistem Persenjataan AS

Toko elektronik terkemuka palsu (Via: cracked.com)

Yes, percaya atau tidak sistem perangkat keras persenjataan milik Amerika Serikat ternyata barang KW alias palsu buatan China! Micro chip khusus sistem persenjataan dari China ini menyerupai aslinya.

Pada 2011 senat komite angkatan bersenjata Amerika dipimpin oleh John McCain, politisi dari Partai Republik, mendapati perangkat keras dipesan dari Asia oleh perusahaan DOD ternyata palsu dan diproduksi massal di China, tanpa pengawasan atau kontrol kualitas. Mulai dari komponen komputer rudal, elektronik pesawat militer, hingga deteksi senjata termal semua KW, cyin!

SIM Khusus di Bawah Umur

Rokok palsu buatan China (Via: cracked.com)

Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus mereka yang di bawah umur juga dipalsuin oleh China. Lengkap dengan barcode demi kesan asli.

Pada 2010 polisi Amerika Serikat menemukan ribuan SIM palsu berkualitas tinggi bahkan menipu mesin pembaca barcode. Ini memaksa penegak hukum AS untuk membuat mesin pembaca barcode lebih canggih lagi agar bisa mendeteksi kode batang di SIM itu. Ck ck ck.

Replika Fosil Dinosaurus

Fosil dinosaurus palsu (Via: cracked.com)

Kalo cuma beras plastik mungkin belum ada apa-apanya. Nih dong, fosil dinosaurus! Buset, demi meraup untung dari wisatawan, China berhasil memalsukan tulang belulang dinosaurus! Ini dimulai pada 1970-an, jual-beli tulang hewan purba itu sedang ngehits tapi mereka kekurangan pasokan. Meski demikian China tak kurang akal, mereka bikin deh KW-nya dan diproduksi massal.

Mulai dari tulang ayam sampai katak, semua ada fosilnya. Walah!

Toko Berlabel Internasional

SIM di bawah umur palsu (Via: cracked.com)

Ini yang paling bikin nganga. China membuat toko dari merek internasional yang laris di pasaran dunia mulai dari Apple hingga NEC, produk elektronik asal Jepang.

Para penjaga toko ini juga berpakaian resmi. Toko Apple misalnya, pegawainya berpakaian lengkap dengan lambang apel kegigit. Sekitar 22 toko palsu Apple ada di China dan 50 toko palsu NEC memproduksi barang-barang elektronik dengan kualitas cukup keren. Gak kalah dengan aslinya.

Kini yang masih hangat, toko IKEA. Barangnya? Palsu semua!

Jadi, selain beras plastik dan seluruh barang yang sudah disebut di atas, apa lagi yang bakal dipalsukan China, ya? Bener-bener parah!

 

 

 

 

Loading