Sukses

Lifestyle

Arah Kiblat Bergeser? Kamu Boleh Sholat Nggak Menghadap Kiblat

Fimela.com, Jakarta Arah kiblat bergeser membuat banyak orang angkat bicara mengenai hal tersebut. Mulai dari pertanyaan kenapa bisa bergeser sampai penjelasan lanjut bagaimana penyesuaian pergeseran kiblat tersebut. Semua sah-sah saja. Tapi ternyata, kamu juga bisa shalat nggak menghadap kiblat.

Kok, bisa? Iya bisa kalau kamu sedang dalam keadaan-keadaan berikut.

1. Sakit Keras

Sangat sikat | via: thebeanplan.com

Sakit yang dimaksudkan disini adalah kalau wajah kamu sudah tidak bisa menghadap ke arah lain, dan arah menghadapnya muka kamu bukan arah kiblat. Kamu bisa tetap shalat, walau nggak menghadap kiblat.

2. Ketakutan yang Teramat Sangat

Ketakutan teramat sangat | via: dailymail.co.uk

Ketakutan ini berlaku untuk hal-hal penting. Kalo kamu cuma takut cicak dan nggak mau menghadap kiblat karena cicaknya ada di arah tersebut udah pasti nggak boleh. Maksudnya ketakutan disini itu kamu sedang dikejar musuh, binatang buas (cicak bukan binatang buas), dan ombak. Keadaan tersebut memperbolehkan kamu boleh shalat nggak menghadap kiblat.

3. Sedang dalam Perjalanan

Dalam perjalanan | via: get-covers.com

Ini berlaku untuk darat, laut, dan udara. Jadi, kalo ada teman kamu yang nggak shalat karena nggak tau kiblat pas kamu lagi jalan sama dia, sekarang bisa kamu kasih tau point ketiga ini. Tapi, kamu harus mastiin juga kalo doi itu muslim dan nggak berhalangan untuk shalat. Jangan udah ngomong panjang kali lebar jadi luas, ternyata teman kamu memang tidak berkewajiban shalat.

Itu dia keadaan dimana arah kiblat bergeser nggak berpengaruh ke kamu. Tapi, kalau di luar keadaan-keadaan tersebut, shalat kamu wajib hukumnya untuk menghadap kiblat.

 

Baca juga: Arah Kiblat Bergeser, Apa Pentingnya Kiblat?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading