Sukses

Lifestyle

Yuk! Intip Asyiknya Berbuka Bersama di Masjid Istiqlal

Fimela.com, Jakarta Acara buka puasa bersama bisa dilakukan dengan berbagai cara. Di rumah bersama keluarga, di luar bersama teman atau juga di masjid bersama puluhan orang lainnya. Beberapa masjid di Jakarta pada bulan suci Ramadan mengadakan acara ini. Tapi, kalau kamu belum peernah merasakan buka puasa bersama di masjid Istiqlal, kamu bakal melewatkan banyak hal menarik yang hanya bisa ditemukan di sini.

 

#1

 Pedagang di gerbang masjid | via: dok. pribadi

 Begitu kamu melangkahkan kaki di depan pintu gerbang masjid, kamu sudah disambut oleh para pedagang. Mulai dari pedagang makanan yang bisa menggoyahkan iman kamu untuk buka puasa duluan, berbagai alat salat, hingga cindera mata yang berhubungan dengan Monas.

#2

Penjual kantong kresek untuk alas kaki | via: dok. pribadi

 Setelah dimanjakan oleh para pedagang tersebut, kamu disambut lagi sama anak-anak atau ibu-ibu yang menawarkan kantog kresek hitam untuk menyimpan alas kaki kamu. Dan kamu cuma perlu bayar seikhlasnya, lho!

#3

Berbuka puasa bersama | via: dok. pribadi

 Setelah masuk masjid, kamu tinggal duduk di atas karpet yang telah disediakan. Ada bagian untuk laki-laki dan perempuan. Tiga puluh menit sebelum waktu berbuka, panitia masjid akan membagikan nasi kotak secara gratis. Tapi, kalau kamu enggak mau ketinggalan moment, kamu harus dateng paling enggak setengah jam sebelum bedug maghrib.

#4

Menu berbuka puasa | via: cnnindonesia.com

 Menu berbuka yang dibagikan cukup bergizi, lho! Ada nasi, telur, sayur, dua buah kurma serta air mineral. Selain itu, bukan hanya makanan dari masjid saja, kita juga bisa ikut menyumbang buah dan makanan untuk dinikmati bersama.

#5

non muslim juga boleh ikutan | via: vivanews.co.id

Kurang lebih ada 3000 orang yang ikut berbuka bersama setiap harinya di bulan Ramadan. Uniknya, bukan hanya warga sekitar saja, tapi warga dari luar kota bahkan luar Pulau Jawa pun sengaja datang ke masjid Istiqlal untuk beribadah dan berbuka puasa bersama. semuanya duduk bersama tanpa mengenal derajat dan status sosial. kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan para penjual dan panitia masjid.

#6

Duduk bersama sambil berbuka puasa | via:

Ternyata bukan hanya umat muslim saja yang boleh ikut bergabung, non muslim juga bisa ikut berebuka bersama Jadi jika kamu pemeluk agama lain, juga bisa ikut berbagi dan saling menjalin silaturahmi.

#7

Salat maghrib dan tarawih berjamaah | via: sapujagat.com

 Terkahir, sudah tentu acara ditutup dengan salat maghrib dan tarawih berjamaah, supaya mendapat pahala berlipat ganda. ;)

 

Itu tadi tujuh hal yang enggak boleh kamu lewatkan di acara buka puasa bersama Masjid Istiqlal.  :)

 

[Baca juga]: Ketahui Jadwal Puasa 2015 untuk Kota Bengkuang, Padang

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading