Sukses

Lifestyle

6 Fakta Sejarah Islam di Korea Selatan Abad ke-19 Hingga Kini

Fimela.com, Jakarta Di Korea Selatan, agama Islam merupakan agama minoritas. Terhitung tidak sampai 1% populasi umat muslim di sana. Meski begitu, penyebaran Islam di Korea Selatan terbilang tidak mudah, banyak hal yang mesti dilalui sampai agama islam bisa masuk dan berkembang di Korea Selatan seperi sekarang. Berikut fakta-fakta sejarah perkembangan Islam dari abad 19 hingga kini.

Dinasti Joseon

Dinasti Joseon (Via: id.wikipedia.org)

Selama berabad-abad, Korea Selatan dikuasai oleh Dinasti Joseon. Selama dikuasai oleh Joseon, Korea Selatan mengalami kemajuan dalam segala bidang. Sayangnya, kerajaan Joseon yang menguasai Korea Selatan membuat negara gingseng terisolasi dari pengaruh luar. Termasuk agama Islam.

Invasi Jepang

Invasi Jepang (Via: bumirakyat.wordpress.com)

Kejayaan Dinasti Joseon berakhir pada 1910 setelah Jepang melakukan invasi.

Tentara Turki

Tentara Turki (Via: senjatarohani.wordpress.com)

Tahun 50-an, Korea Selatan dan Utara mengalami perang besar. Korea Selatan yang berada di bawah naungan PBB kedatangan Tentara Turki untuk membantu mereka. Dari siti, agama Islam berkembang melalui dakwah Tentara Turki. Sejak tahun itu pula, sudah terdapat sekitar 35 ribu muslim di Korea Selatan.

Dukungan Pemerintah

Bantuan Pemerintah (Via: regifauzi.wordpress.com)

1970, pemerintah menghibahkan sebidang tanah di Itaewon, Korea Selatan untuk dijadikan masjid. Atas bantuan negara-negara Islam di dunia, berdirilah Masjid Sentral Seoul pada 1976 yang menjadi tonggak penyebaran agama Islam di Korea Selatan.

Masjid Central Seoul

Masjid Sentral Seoul (Via: al-rayani.blogspot.com)

Masjid Central Seoul menerima kunjungan warga setempat yang ingin mengenal Islam. Saat hari libur pun masjid terbesar di Korea itu kerap menjadi tempar wisata oleh turis lokal maupun internasional.

Abdurrahman Lee

Abdurrahman Lee (Via: youtube.com)

Abdurrahman Lee adalah imam Masjid Central Seoul sejak 2006 hingga kini. Tiap hari Sabtu selepas Ashar, ia membuka kajian agama Islam untuk para mualaf.

Itu dia 6 fakta sejarah Islam di Korea Selatan yang kamu bisa ketahui sebagai umat muslim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading