Sukses

Lifestyle

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Tentu kamu sudah tahu bidang-bidang pekerjaan umum, yang juga ada di negara lain. Tapi, kamu juga harus tahu, Indonesia punya beberapa bidang pekerjaan yang enggak dimiliki negara lain, lho!

1. Tukang Tambal Ban

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: fotografi-pb-jurnalistik-gibran.blogspot.com

Kalau kamu pengguna motor, kamu pasti sangat berterimakasih dengan mereka para tukang tambal ban. Di Indonesia, tukang tambal ban seperti bagaikan pahlawan. Mengingat banyaknya pengendara motor di negara kita ini, profesi ini menjamur di sepanjang pinggir jalan raya. Merekalah yang menyelamatkanmu dari ban kempas dan pecah. Profesi ini cuma ada di Indonesia, lho!

2. Vending Machine Manusia

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: jakpro.id

Kalau di luar negeri ada vending machine, Indonesia juga punya. Tapi, bentuknya manusia. Orang yang berprofesi ini keliling jualan kopi, teh dan minuman segar lain. Biasanya mereka berjualan menggunakan sepeda atau gerobak. Mereka dilengkapi dengan termos dan minuman sachet. 

3. Ojek Payung

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: dinanurhayatii.blogspot.com

Indonesia cuma punya dua musim. Musim panas dan musim hujan. Kalau sedang hujan, kamu enggak usah takut basah kuyup! Begitu keluar dari gedung atau turun dari kendaraan, kamu bakal langsung ditawari jasa ojek payung ini. Biasanya orang berprofesi ini anak laki-laki. Kadang juga ada orang dewasa. 

4. Joki 3-in-1

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: youtube.com

Di Kota Jakarta yang macet, ada peraturan 3-in-1, di mana satu mobil harus berisi minimal tiga orang, termasuk supir. Buat kamu yang punya kendaraan, tapi isinya cuma ada kamu atau satu orang lagi, kamu enggak bakal bisa lewat jalanan yang diberlakukan peraturan tersebut. Sedangkan hanya jalan itu satu-satunya menuju ke kantor atau kampus.

Tapi tenang, ada joki yang siap menawarkan jasanya. Kamu tinggal mempersilahkannya naik ke mobil, supaya jumlah orang sesuai dengan peraturan. Tarif joki sangat beragam. Tapi, kamu harus hati-hati. Karena bagaimana pun juga mereka adalah orang yang belum kita kenal.   

5. Tukang Patri

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: youtube.com

Menurut berbagai sumber, tukang patri ini muncul sekitar tahun 1997 ketika krisis moneter. Para ibu rumah tangga menghemat uangnya dengan tidak mengganti panci, wajan atau penggorengan yang bocor. Muncullah tukang patri ini yang siap memberikan solusi. Mereka memperbaiki alat dapur yang rusak.  

6. Tukang Parkir

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: kaskushootthreads.blogspot.com

Bagi kamu yang kurang mahir mengendarai mobil jangan khawatir menabrak mobil lain atau benda-benda sekitar. Karena kamu punya penyelamat. Ada tukang parkir yang bakal bantu kamu parkir dan keluar parkiran dengan mulus. 

7. Tukang Air Keliling

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: print.kompas.com

Tukang air ini adalah penjual air bersih. Mereka berkeliling menjajakan air bersih buat rumah tangga yang memang kesulitan air bersih. Biasanya untuk warga di wilayah-wilayah kering, atau juga wilayah yang tercemar. Buat kamu yang tinggal di wilayah ini enggak usah khawatir enggak bisa mandi dengan air bersih. Merekalah solusinya. 

8. Tukang Las Keliling

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: plus.google.com

Sebenarnya, di luar negeri juga ada pekerjaan ini, disebut sebagai welder. Welder ini merupakan pekerjaan profesional yang membutuhkan keahlian tinggi. Mereka pun bekerja di bengkel. Tapi tukang las di Indonesia terbilang unik. Karena mereka enggak bekerja di bengkel. Sambil membawa tabung tabung gas besar dan alat las yang diletakkan di sepeda, mereka berkeliling menawarkan jasanya. 

9. Pak RT&RW

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via : shakiddo.com

Cuma di Indonesia yang memiliki kepala RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga). Kalau di luar negeri adanya kepada desa. Bahasa kerennya Chief Head atau Village Chief. 

10. Jasa Tukar Uang

Ketahui 10 Pekerjaan yang Cuma Ada di Indonesia | via: bandung.bisnis.com

Biasanya muncul ketika lebaran sudah dekat. Budaya orang Indonesia yang memberikan angpao kepada anak-anak kecil membutuhkan banyak uang dengan nominal kecil. Nah, merekalah yang akan menawarkanmu untuk menukarkan uang bernominal besar dengan uang receh. Biasanya mereka berjejer di pinggir jalan besar sambil menjajakan jasanya. 

 

Nah, sekarang kamu tahu pekerjaan apa aja yang cuma ada di Indonesia. 

 

Baca juga: 10 Inspirasi Ruang Kerja yang Bikin Kamu Ingin Kerja Terus

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading