Sukses

Lifestyle

6 Berita yang Seharusnya Kamu Enggak Bagikan di Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali informasi yang kamu dapatkan di media sosial. Salah satunya berita. Ketika kamu menemukan berita di media sosial, karena alasan tertentu, kamu pasti gatal untuk membagikannya ke teman-teman kamu. Eits! Tunggu dulu, enggak semua berita layak kamu bagikan. Kali ini Bintang.com akan menunjukkanmu berita apa saja yang enggak layak kamu sebarkan. 

 

#1

 6 Berita yang Seharusnya Kamu Enggak Bagikan di Media Sosial | via:mbresidentsforrecreation.com

Ketika kamu sedang melihat-lihat news feed di media sosial, kamu pasti akan menemukan banyak berita-berita dengan judul yang sensasional. Kamu pikir ini menarik. Boleh saja kamu berpikiran begitu. Tapi, kamu harus check kembali kebenarannya. Enggak semua berita yang memiliki likes  atau shares banyak merupakan fakta. Hati-hati, ya!

#2

6 Berita yang Seharusnya Kamu Enggak Bagikan di Media Sosial | via: speakupforthevoiceless.org

Media sosial adalah tempat di mana kamu bisa mengungkapkan perasaan dan pemikiranmu. Membagikan berita juga sama. Kamu bebas membagikan informasi apa pun. Kecuali yang menyangkut SARA (suku-agama-ras-antar golongan). Isu yang menyangkut hal ini sangat sensitif. Lebih baik kamu enggak usah membagikan berita yang menyangkut hal ini demi menjaga perasaan dan menghormati antar sesama manusia. 

#3

6 Berita yang Seharusnya Kamu Enggak Bagikan di Media Sosial | via: 123rf.com

Berita dengan foto-foto yang tidak disensor. Contohnya seperti foto mayat yang enggak disensor. Sebaiknya kamu enggak usah bagikan. Karena selain enggak semua orang suka melihatnya, kita juga harus memikirkan perasaan keluarga korban. 

#4

6 Berita yang Seharusnya Kamu Enggak Bagikan di Media Sosial | via: ibtimes.com

Banyak berita yang menceritakan berbagai pihak di dalamnya. Nah, kamu harus baca dulu sebelum membagikan berita ini. Kalau beritanya enggak seimbang, artinya berita itu memihak kepada salah satu kubu, sebaiknya jangan kamu bagikan. Karena berita ini akan menimbulkan perpecahan. Lagian, salah satu sarat berita adalah keadilan dan ketidakberpihakan. 

#5

6 Berita yang Seharusnya Kamu Enggak Bagikan di Media Sosial | via: asdk12.org

Berita adalah fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. Ketika kamu membaca berita di media sosial yang faktanya meragukan, sebaiknya kamu abaikan saja. 

#6

6 Berita yang Seharusnya Kamu Enggak Bagikan di Media Sosial | via: cbc.ca

Berita adalah fakta. Kalau isinya hanya cerita kehidupan pribadi seorang artis yang belum tentu fakta, sebaiknya kamu enggak membagikannya kepada teman-teman kamu. Karena ini akan menjadi fitnah atau pencemaran nama baik. 

 

 

Nah, berita bercirikan di atas sebaiknya jangan kamu sebarkan. Kamu harus jeli dan memilah-milah mana berita layak dan mana yang tidak. Agar informasi yang kamu sebarkan berguna bagi yang lain. 

 

Baca juga: Berita Meme Terbaru #SavehajiLulung yang Wajib Kamu Lihat

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading