Sukses

Lifestyle

6 Kesalahan Belanja yang Bikin Uangmu Cepat Habis

Fimela.com, Jakarta Permasalahannya bukan seberapa sering atau sehati-hati apa kamu membelanjakan uangmu. Tapi, cara berbelanja yang salah lah yang akan mengosongkan isi dompet. Nah, supaya jadi smart shopper, kesalahan-kesalahan berbelanja ini jangan sampai kamu lakukan.

#1 Jangan Cari Diskon

Kalau biasanya enggak kuat lihat tulisan 'discount up to.' sekarang kamu harus tahan itu. Apalagi sampai ada penawaran beli sekian pcs diskonnya akan makin besar. Itu akan bikin kamu mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

#2 Jangan Buat Perencanaan

Maksudnya bukan list barang belanjaan ya. Tapi, kalau kamu ingin hemat, jangan lakukan jadwal belanja seperti biasanya. Lakukan tipe berbelanja yang hanya kamu lakukan sesekali dengan misalnya hanya mengunjungi satu toko dan sudah tahu apa yang ingin dibeli.

#3 Membeli dalam Jumlah Banyak

Sebelum membeli dalam jumlah banyak sebaiknya ada pertimbangan apakah dananya masih bisa dialokasikan ke barang kebutuhan lainnya. Misalnya saja kamu cukup menggunakan satu shampoo selama sebulan, jadi enggak usah ambil dua botol.

#4 Jangan Subscribe

Lebih amannya, jangan subscribe apapun di emailmu. Karena terkadang penawaran-penawaran itu yang membuat hasrat belanjamu muncul dengan menggebu-gebu.

#5 Mengacuhkan Kartu Member

Karena bisa diakumulasi dan lain-lain, terkadang kamu akan rutin berbelanja di satu tempat. Please just stop. Kalau enggak butuh sih, membernya didiemin aja enggak usah ngumpulin point kalau lebih banyak pengeluarannya.

#6 Ingat Rasa Menyesal

Karena terlalu baper, semuanya jadi dibeli. Padahal sih enggak butuh banget. Nah, lain kali coba dipikir lagi dan lagi deh, daripada pas udah beli nantinya disambangi rasa penyesalan.

Menurut kamu masih ada lagi kesalahan lainnya? Coba langsung tambahkan di kolom komentar.

 

Baca Juga: 7 Tips Supaya Kamu Enggak Ketipu Saat Belanja Online

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading