Sukses

Lifestyle

BMKG: Alasan Kenapa 5 Gempa Guncang Indonesia 2 Hari Terakhir

Fimela.com, Jakarta Dalam dua hari terakhir, banyak fenomena gempa melanda Indonesia. Gempa pertama di Ciamis, Jawa Barat dengan kekuatan 5,7 SR. Gempa kedua dan ketiga menyusul melanda wilayah pesisir Sumatera Barat dengan kekuatan 4 SR dan 3 SR. Gempa berkekuatan 5,2 SR mengguncang Papua. Disusul kemudian gempa berkekuatan 6,3 SR mengguncang Malang, Jawa Timur. 

Wow! Lima gempa dalam dua hari terkahir! Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan Indonesia diguncang lima gempa dalam 2 hari terakhir? Bintang.com punya jawabannya. 

#1

BMKG: Alasan Kenapa 5 Gempa Guncang Indonesia 2 Hari Terakhir | via: lefleurdelystoo.blogspot.com

Gempa yang terjadi di Kota Malang dan Ciamis ternyata disebabkan karena tumbukan lempang tektonik. Menurut BMKG, adanya aktvitas seismik di zona konvergensi lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia di selatan Jawa inilah yang mengakibatkan terjadinya gempa. Kedua gempa tersebut tercatat dengan kedalaman menengah di atas 60 km. Guncangan pun dirasakan pada area yang luas. 

#2

BMKG: Alasan Kenapa 5 Gempa Guncang Indonesia 2 Hari Terakhir | via: fuhsienris.blogspot.com

Berbeda dengan gempa di Malang dan Ciamis, gempa di Papua dan Sumatra Barat terjadi akibat aktivitas sesar Sumatera pada segmen sianok. Sesar besar Sumatera diketahui tersegmen dalam 19 segmen dari Aceh hingga Lampung. 

#3

BMKG: Alasan Kenapa 5 Gempa Guncang Indonesia 2 Hari Terakhir | via: flickr.com

Ternyata walaupun Jakarta bukan daerah yang rawan gempa tapi Jakarta juga bisa merasakan gempa yang terjadi di Selat Sunda dan wilayah Jawa Barat. Jadi bukan berarti Jakarta bakal aman-aman saja. 

 

Nah itu dia sekilas ulasan tentang penyebab lima gempa yang beruntun menggucang Indonesia dalam dua hari terakhir ini.

Baca juga:  7 Tipe Manusia Ketika Mengahadapi Gempa Bumi

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bumi

What's On Fimela
Loading