Sukses

Lifestyle

6 Tips Memperpanjang Nafasmu Menuju Akhir Bulan

Fimela.com, Jakarta Menjelang akhir bulan, kamu mulai merasa sulit bernafas dan cenderung ngos-ngosan. Untuk itu kamu akan semakin jarang melihat saldo tabunganmu supaya gak makin sesak. Sebenarnya kamu bisa kok masih tetap bernafas lega menjelang akhir bulan. Nih Bintang.com bakal kasih tips-nya hanya untukmu. Cekidot!

Perketat Pengeluaran

Perketat pengeluaran

Hitung lagi berapa dana yang kita miliki lalu sisihkan 10% untuk dana cadangan. Setelah dikurangi dana cadangan, bagi total uang yang dimiliki untuk kebutuhan satu minggu. Misalnya kita hanya punya Rp 300.000 untuk seminggu (setelah dikurangi dana cadangan), usahakan hanya membelanjakan Rp 30.000 selama hari kerja sehingga saat weekend kita masih memegang Rp 150.000 untuk hang out.

Bawa Bekal dari Rumah

Bawa bekal dari rumah

Ini jadi cara standar untuk berhemat daripada jajan melulu saat makan siang. Jika kantor menyediakan makan siang gratis, tentu saja wajib dimanfaatkan. Untuk berjaga-jaga, gak ada salahnya membawa lauk sendiri dari rumah agar tidak tergoda untuk jajan saat menunya kurang menggiurkan. Kita pun bisa menstok minuman sachet hingga camilan pribadi untuk seminggu di dalam laci--jangan lupa ditutup rapat supaya gak digerayangi semut, ya!

Budayakan Nebeng

Budayakan nebeng

Mungkin untuk berangkat aktivitas kita bisa nebeng kakak atau adik, pulangnya barulah nebeng rekan kerja yang memang searah jalan ke rumah kita. Meski gak searah, kita masih bisa turun di lokasi terdekat dengan jarak rumah. Paling gak, memangkas satu kali ongkos transportasi.

Manfaatkan Poin dari Kartu Kredit

Manfaatkan poin dari kartu kredit

Jika sering mendapat poin karena rajin menggunakan aplikasi maupun 'gratisan' kartu kredit, segera tukarkan poin tersebut di merchant yang bekerja sama. Lumayan buat menghemat pengeluaran, loh!

Jangan Lupakan Voucher

Jangan lupakan voucher

Bersyukurlah bila kita sering mendapat voucher makan dari teman, keluarga, atau kantor. Di saat dana sedang sekarat, manfaatkan voucher tersebut saat hang out. Membayar dengan potongan harga lebih baik dibanding membayar menggunakan kartu kredit yang bunganya lebih tinggi. Hal serupa berlaku untuk voucher belanja maupun produk fashion. Tinggalkan dulu gengsi, deh!

Jadi Anak Rumahan

Jadi anak rumahan

Bila lagi gak punya uang saat weekend, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk pergi ke luar rumah--kecuali ada yang mentraktir. Sebagai gantinya ajak saja teman atau pacar nongkrong di rumah yang pastinya lebih hemat dan tidak membuat lapar mata.

 

Nah, itu dia tips-nya supaya nafasmu lebih enak menjelang akhir bulan.

 

Baca juga: 7 Tips Cerdas Mengelola Keuangan untuk Kamu Para Mahasiswa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading