Sukses

Lifestyle

5 Strategi yang Bisa Meredakan Konflik di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Masalah muncul di mana-mana. Enggak terkecuali di tempat kerjamu. Kalau sekali atau dua kali dalam sebulan masalah mucul, kamu mungkin masih bisa menanggulanginya. Tapi kalau masalah selalu ada setiap hari dan enggak pernah selesai, hal ini akan membahayakan kinerjamu dan juga karyawan lainnya. Karenanya kamu harus tahu bagaimana meredakan konflik di tempat kerja. 

#1

Jangan bereaksi terhadap konflik tersebut. Ketika kamu bereaksi, sering kali malah lepas kontrol. Kamu bukan lagi melihat masalah dengan objektif tapi sudah mencampurnya dengan emosi. Kamu enggak bisa lagi berpikir dengan jernih. 

#2

Cobalah untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya menjadi penyebab masalah itu timbul. Tanpa mengetahui penyebab, masalah enggak akan selesai. 

#3

Kamu harus paham tentang manajemen konflik. Ketika kamu berusaha untuk melerai dan mengurai benang masalah, kamu harus bisa membangun komunikasi yang efektif dan menghapus segala emosi yang dicampuradukkan dengan permasalahan. 

#4

Mintalah pendapat orang lain yang bisa kamu percaya. Pikirkan solusi yang diberikan mereka sehingga kamu bisa memilih dan menentukan mana solusi yang paling tepat. 

#5

Perhatikan emosimu. Kamu harus bisa mengontrol emosi. Selain itu, kenali apa yang bisa memancing emosi negatif di dalam dirimu. Kalau sudah paham, tinggal menghindari penyebabnya. 



Nah begitu caranya meredakan konflik di tempat kerja. Dengan begini suasana di kantor menjadi lebih nyaman. Kamu dan rekan kerja yang lain pun kembali bersemangat untuk bekerja keras. 

 

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pulang dari Kantor Tepat Waktu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading