Sukses

Lifestyle

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau

Bintang.com, Jakarta Mungkin selama ini kamu mengira stasiun kereta hanya sebagai tempat naik-turunnya penumbang dan transit untuk sampai ke tempat tujuan. Tapi, di kota-kota negara lain ada stasiun yang enggak hanya punya ketiga fungsi itu. Kamu mungkin enggak akan buru-buru naik kereta karena terpukau akan keindahan seni yang dimilikinya. Penasaran seberapa indah stasiun-stasiun ini? 

The Bund Sightseeing Tunnel di Shanghai

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: urbanpeek.com

Selama ini ketika kamu naik kereta, matamu hanya disuguhi pemandangan alam dan rumah-rumah penduduk. Nah, sepertinya kamu harus mencoba naik kereta di Shanghai dan menyaksikan langsung keindahan pemandangan luar biasa yang disuguhkan terowongan ini. Terowongan yang menghubungkan sungai Huangpu dan area Lujiazui ini panjangnya mencapai 647,7 meter. 

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: flickr.com

Kamu bakalan enggak bisa berpaling dari warna-warni terowongan yang cantik. Sederhananya, The Bund Sightseeing Tunnel ini adalah fasilitas virtual bawah tanah yang memberikan para penumpang kereta sebuah pengalaman berbeda menggunakan efek multimedia.

Kamu enggak usah khawatir ketinggalan momen keindahannya, karena maglev (sistem yang membuat kereta meluncur di atas trek dengan bantuan tolakan magnet) ini transparan. Sehingga kamu bisa melihat keindahan terowongan 360 derajat. 


Central Park di Taiwan

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: en.wikipedia.org

Kalau kamu biasa naik kereta setiap hari, pasti suasananya sangat ramai dan enggak mungkin untuk menikmati pemandangan. Stasiun pada umumnya hanya sebagai tempat turun-naik kereta. Enggak lebih. Tapi stasiun yang didesain oleh perancang asal Inggris, Richard Rogers ini bukan hanya punya pemandangan yang memanjakan tapi juga bisa menjadi salah satu paru-paru kota! Kamu enggak bakal buru-buru pergi dari stasiun karena bakalan menikmati hijaunya taman di sana. 


City Hall di New York

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: bolivares.com

Stasiun yang juga di kenal dengan City Hall Loop ini didesain oleh Rafael Guastavino. Keindahan arsitektur yang memanjakan matamu enggak kalah dengan dua stasiun di atas. Stasiun ini sudah cukup tua usianya. Pertama kali dibuka tanggal 7 Oktober 1904. 

Dubai Metro di Dubai

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: twiching.com

Dubai juga ternyata memiliki stasiun yang enggak kalah megah. Uniknya, stasiun ini memiliki lima tema interior; warisan budaya yang menyimbolkan budaya dan sejarah Uni Emirat Arab, tanah yang meyiratkan awal mula perkotaan modern, menyerupai kekuatan daya tahan Bumi dan tanah. Udara, sebagai simbol kegembiraan yang diberikan untuk pengunjung. Api sebagai tanda kekuasaan, semangat dan energi pemimpin Dubai serta air sebagai penanda nilai kemanusiaan.

 

Formosa Boulevard di Taiwan

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: kickvick.com

Selain stasiun berteknologi tinggi di Shanghai, Taiwan juga memiliki stasiun yang menyuguhkan keindahan warna-warni yang bakal bikin kamu terpukau. Langit-langit stasiun seakan dilukis menyerupai pelangi. 

Kirovsky Zavod di Russia

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: panoramio.com

Walaupun enggak disirami warna-warna terang tapi juga merupakan salah satu stasiun terindah di dunia. Stasiun yang berlokasi di St. Petersburg ini seakan seperti rumah bagi patung Lenin. Lantai kotak-kotaknya juga menjadi salah satu unsur keindahan yang dimiliki stasiun ini. 

Museum Station di Kanada

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: flickr.com

Enggak selamanya indah itu harus megah. Stasiun yang interiornya sangat halus ini memiliki tiang-tiang yang menyerupai patung ikonik ternama dari berbagai belahan dunia. Strip berwarna merah dan kuning menambah aksen manis pada interior stasiun.

O’Hare di Amerika

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: pinterest.com

Dinding pada sisi kiri dan kanan stasiun ini menyuguhkan berbagai warna. Kamu enggak akan merasa bosan dan diburu waktu ketika berjalan di sana. 

T-Centralen di Swedia

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: boldmagazine.ca

Swedia juga ternyata punya stasiun bernuansa biru yang indah. Ketika berjalan di sana, kamu enggak akan merasa berada di sebuah stasiun kereta. Nuansa biru dan putihnya ditambah dinding yang unik membuatmu serasa berada di sebuah gua. Sebenarnya, dindingnya enggak cuma berwarna biru dan putih. Di sisi lain, dinding seakan dilukis menyerupai pelangi di angkasa dan ada juga yang bernuansa jingga. Dijamin, kamu enggak akan percaya kalau sedang berada di stasiun. 

Toledo Metro di Itali

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: photographyandarchitecture.wordpress.com

Kalau berjalan di T-Centralen terasa seperti di gua, berada di Stasiun Toledo Metro bikin kamu berasa berada di dunia yang berbeda. Karena dinding dan langit-langitnya sangat indah. 

U-Bahn di Jerman

10 Stasiun Kereta Sangat Indah Ini Sanggup Bikin Kamu Terpukau | via: en.wikipedia.org

Bukan hanya warna-warna cerah yang membuat stasiun ini menawan. Tapi juga perpaduan antar warna satu dengan yang lainnya pun bikin kamu enggak merasa lelah pulang kerja menggunakan kereta di sana. 

 

Nah, itu dia 10 stasiun di dunia yang memiliki unsur seni dan kreatifitas tinggi. Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke salah satu stasiun di atas, dijamin kamu enggak bakal buru-buru naik kereta. Kamu bakalan ingin memanjakan matamu untuk melihat-lihat keindahannya. 

 

Baca juga: Seni Fotografi LEGO yang Kecenya Bikin Kebawa Mimpi

Loading