Sukses

Lifestyle

15 Jajanan Pinggir Jalan Sedap di Malaysia yang Wajib Diicip

Fimela.com, Jakarta Jajanan pinggir jalan gak cuma ada di Indonesia. Di Malaysia, tepatnya di Penang juga ramai oleh pedagang kaki lima yang menjual jajanan khas negara tersebut. Kali ini Bintang.com akan mengajakmu mengetahui beberapa jajanan pinggir jalan di Penang, Malaysia, yang wajib diicip. Cekidot!

Assam Laksa

Assam Laksa | via: buzzfeed.com

Makanan ini tidak terlalu asing bagi orang Indonesia. Isinya adalah bihun berkuah kaldu ikan yang agak asam. Laksa disajikan dengan bunga jahe, cabai rawit hijau dan potongan timun.

Rojak

Rojak | via: buzzfeed.com

Gak jauh beda sama rujak kalau di Indonesia. Hanya saja, kalau rujak di Indonesia hanya berupa potongan buah denan saus gula, kalau di Malaysia campurannya ada gurita atau gorengannya.

Roti Canai

Roti Canai | via: buzzfeed.com

Roti canai adalah roti tipis yang berlapis. Biasanya disantap dengan cocolan kuah kari untuk sarapan.

Apom Balik

Apom Balik | via: buzzfeed.com

Hampir mirip dengan martabak mini. Tapi kalau apom balik, di dalam adonannya ada krim jagungnya.

Koay Chiap

Koay Chiap | via: buzzfeed.com

Ini adalah sup yang terdiri dari jeroan bebek, suwiran daging bebek, tenggorok, darah yang digumpalkan, telur rebus, dan segulung bihun. Disajikan dengan taburan seledri.

Chee Cheong Fun

Chee Cheong Fun | via: buzzfeed.com

Kalau di Jakarta disebutnya Chi Chong Fan. Biasa dijual di depan gereja atau sekolah swasta. Isinya adalah lembaran semacam kwetiaw, disiram saus sambal dan saus hitam-manis-bercitarasa udang yang lengket. Atasnya ditaburi wijen dan/atau bawang goreng.

Teh Tarik

Teh Tarik | via: buzzfeed.com

Minuman ini banyak ditemui di kafe orang India, khususnya yang menjual roti canai. Teh tarik terbuat dari teh hitam yang diberi susu kental manis lalu 'ditarik' dengan sedemikian rupa hingga menghasilkan busa di atasnya ketika disajikan.

Koay Theow Th'ng

Koay Teow Th'ng | via: buzzfeed.com

Semangkuk kwetiaw dengan kuah kaldu nikmat dengan daging cincang, bakso ikan, dan kuning telur setengah matang. Kuning telurnya bisa kamu aduk di mangkuk agar tercampur semua atau langsung kamu makan bulat-bulat.

Lok Lok

Lok Lok | via: buzzfeed.com

Lok lok artinya 'celup-celup'. Terdapat panci dengan air mendidih di tengah meja tempat kamu merebus makanan dalam tusuk sate (sayur, tofu, makanan laut). Tusuk satenya diberi warna yang menunjukkan harga. Setelah makan, tusuk satenya akan dihitung untuk ekmudian kamu bayar sesuai jumlah harganya.

Ais Kacang

Ais Kacang | via: buzzfeed.com

Seperti es campur, ais kacang ini berisi jagung, kacang merah, dan kolang-kaling. Di atasnya diberi es serut yang dituang sirup merah dan susu kental manis.

Char Kuey Teow

Char Kuey Teow | via: buzzfeed.com

Memiliki bahan dasar yang sama seperti Koay Teow Th'ng, ini adalah varian yang digoreng. Kwetiaw digoreng bersama telur, udang, kerang, daun kucai, dan tauge.

Hokkien Mee

Hokkien Mee | via: buzzfeed.com

Makanan yang satu ini merupakan campuran dari mie dan bihun yang ditemani oleh kangkung, udang, tauge, potongan daging, dan telur rebus. Disajikan dengan sambal yang di taruh di sendok.

Wan Tan Mee

Wan Tan Mee | via: buzzfeed.com

Wan Tan adalah pangsit. Jadi Wan Tan Mee adalah mie pangsit. Disajikan dengan potongan daging dan sayuran.

Mee Goreng

Mee Goreng | via: buzzfeed.com

Mie goreng ala Malaysia beda dari mie yang biasa kita santap. Isinya adalah mie dengan cita rasa bawang putih, jahe, dan sedikit tomat yang dimasak dengan sambal, kentang, telur, tauge, dan berbagai bahan rahasia lain. Disajikan dengan piring yang dilapisi daun pisang dan ditaburi selada cincang dan bawang goreng.

Nasi Ayam Panggang

Nasi Ayam Panggang | via: buzzfeed.com

Gak cuma dengan ayam panggang, kamu bisa juga memesan nasi ini dengan bebek panggang, babi panggang, atau campuran ketiganya. Disajikan dengan saus kecap manis dan setiap potong dagingnya terdapat kulit renyah. Nasinya sendiri sungguh lembut dan nikmat karena dimasak dengan minyak dan mentega. Setiap memesan makanan ini, kamu juga akan mendapat kuah yang terbuat dari kaldu tulang ayam/bebek/babi yang direbus dengan sawi dan cabai.

 

Sudah kepingin jajan setelah melihat jajanan pinggir jalan Malaysia? ;)

 

Baca juga: Kota Kinabalu, Pesona 'Wajah' Malaysia di Tanah Borneo

;
Loading