Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Mempersiapkan Keuangan untuk Masa Tuamu

Fimela.com, Jakarta Jangan dikira masa tuamu bakal terselamatkan kalau kamu enggak malakukan persiapan apa pun. Jangan sampai setelah pensiun kamu masih harus bekerja keras untuk menyambung hidup. Berkegiatan boleh, tapi asal bukan untuk mencari sesuap nasi. Nah, supaya kamu bisa beraktivitas dengan bebas, tanpa memikirkan biaya hidup dan simpanan uang, ini dia lima cara mudah yang harus kamu jalani. 

#1

Enggak ada cara lain selain berhemat. Jangan sampai kamu 'silau' dengan baju-baju dan aksesoris mahal. Hinddari belanja barang yang enggak kamu perlukan. Sebisa mungkin jangan menggunakan kendaraan ketika bepergian kalau jaraknya dekat. Jangan sampai tabunganmu yang sudah kamu simpan terpakai untuk keperluan rumah tangga. 

#2

Dari seluruh penghasilanmu, investasikan 15% untuk masa tua. Kenapa 15%? Karena jumlahnya enggak terlalu banyak sehingga 'mencekikmu' di masa sekarang ini. Dan 15% juga jumlah yang ideal, karena enggak terlalu sedikit untuk tabungan masa depan. kamu juga harus ingat, 15% uang tersebut kamu ambil dari gaji kotor, dan enggak termasuk penghasilan tambahan jika ada. 

#3

Jangan investasikan uangmu di satu tempat. Kalau 'anjlok' kamu enggak akan mendapatkan uangmu kembali. Makanya, investasi yang paling cocok ada mutual fund. Dengan cara ini risikomu enggak akan terlalu besar. 

#4

Investasi jenis ini memang lama. Soalnya termasuk dalam investasi jangka panjang. Jadi kalau kamu ingin keuangan masa tuamu aman, bersabarlah dan jangan pindah jenis investasi lain. 

#5

kamu pasti akan memiliki banyak pertanyaan tentang investasi masa tua. Makanya jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan profesional. Sehingga kamu enggak akan mengambil langkah dan tindakan yang salah. Jangan sampai kehilangan uang sudah kamu investasikan. 

Mumpung kamu masih muda, kamu sudah harus memikirkan masa tuamu, lho! Nah, dengan kelima cara di atas, kamu enggak bakal pusing memikirkan dana pensiun. Kamu hanya tinggal menikmati masa tua dan beraktivitas dengan bebas. Berliburlah dan jangan pikirkan persoalan apa pun. 

Baca juga: Awas! 7 Kesalahan Ini Bakal Merusak Rencana Pensiunmu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan

  • Sukses

Loading