Sukses

Lifestyle

6 Kesalahan Berasuransi yang Bisa Bikin Masa Depanmu Jadi Sulit

Fimela.com, Jakarta Kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan finansial meningkatkan jumlah orang yang berasuransi. Tapi jangan hanya mendengar asuransi itu baik lantas kamu langsung bergabung tanpa tahu ketentuan dan aturan 'mainnya.' Banyak orang yang akhirnya malah mengalami kesusahan finansial di masa mendatang. Ini dia enam kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. 

#1

6 Kesalahan Berasuransi yang Bisa Bikin Masa Depanmu Jadi Sulit | via: fatawaulamaislam.wordpress.com

Banyak agen asuransi yang menawarkanmu untuk ikut bergabung. Mereka bekerja memang sangat keras dan gigih. Ketika kamu menolak untuk ikut bergabung, mereka enggak menyerah begitu saja. Dan menjelaskan bagaimana asuransi itu bekerja memerlukan penjelasan yang cukup panjang. Karena kamu kasihan dan enggak tega, kamu akhirnya 'termakan' bujukannya. Kamu ikut asuransi itu meskipun kamu belum membutuhkannya. 

#2

6 Kesalahan Berasuransi yang Bisa Bikin Masa Depanmu Jadi Sulit | via: veteranstodaymoney.com

Banyak orang yang enggak terlalu paham dengan ketentuan, cara 'main' dan keweajiban serta keuntungan berasuransi. Setiap asuransi punya ketentuan yang berbeda. Makanya kamu harus bertanya sejelas dan sedetail mungkin sehingga kamu paham betul sebelum memtuskan untuk membeli asuransi tersebut. 

#3

6 Kesalahan Berasuransi yang Bisa Bikin Masa Depanmu Jadi Sulit | via: policybachat.com

Untuk asuransi tertentu, kamu akan diberikan satu gambaran umum. Misalnya asuransi kesehatan, kalau sakit nanti biayanya diganti. Padahal, banyak ketentuan yang sangat spesifik belum kamu ketahui. Sehingga ketika kamu enggak tahu betul penyakit seperti apa yang akan ditanggung perusahaan asuransi. Kehilangan anggota tubuh yang mana yang akan mereka tanggung. Ini adalah yang paling penting tapi jarang orang sadari. 

#4

6 Kesalahan Berasuransi yang Bisa Bikin Masa Depanmu Jadi Sulit | via: newagencypartners.com

Kamu enggak menyesuaikan pendapatanmu ketika memutuskan untuk berasuransi. Ini akan membuatmu justru terseok-seok ketika membayar biaya bulanan. Jangan sampai kebutuhan sehari-harimu justru enggak terpenuhi hanya karena harus membayar iuran asuransi. 

#5

6 Kesalahan Berasuransi yang Bisa Bikin Masa Depanmu Jadi Sulit | via: xpartan.es

Kamu enggak proaktif dalam mengurus sendiri asuransimu. Memang, ada perusahaan yang memberikan layanan ekstra sehingga memudahkanmu untuk mengatur asuransi. Tapi ini cuma bikin kamu pasif dan enggak banyak tahu bagaimana mengurus asuransi dengan benar. Sehingga kamu enggak tahu bagaimana uang yang kamu masukkan mereka kelola. Kamu bahkan enggak paham apa saja hak dan kewajibanmu. 

#6

6 Kesalahan Berasuransi yang Bisa Bikin Masa Depanmu Jadi Sulit | via: xpartan.es

kamu enggak tahu kalau ada fasilitas free look. fasilitas ini memberikanmu waktu tenggang. Jadi kalau kamu enggak puas dengan polis yang diterima, atau salah membeli asuransi, kamu bisa membatalkan perjanjian dan perusahaan akan mengembalikan premi. Tapi sebagian orang enggak tahu fasilitas ini. Sehingga mereka terlambat protes dan pembatalan dilakukan tanpa pengembalian premi. 



Keenam kesalahan ini bakal menyulitkanmu di kemudian hari. Makanya kamu harus pikirkan masak-masak, asuransi apa yang harus kamu ikuti. Apakah kamu benar-benar perlu ikut asuransi itu atau enggak. Sehingga keuanganmu enggak akan terancam dikemudian hari. 

Baca juga: 5 Kesalahan Pengaturan Keuangan yang Mungkin Kamu Lakukan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading