Sukses

Lifestyle

6 Hal Kecil yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari Agar Jadi Cerdas

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan ternyata bukan bawaan dari lahir. Tapi bisa ditajamkan melalui proses, seperti yang dilansir dari Inc.com. Karena itu, sebenarnya enggak ada orang bodoh di dunia ini. Banyak orang berusaha untuk menjadi lebih pintar dengan belajar mati-matian. Padahal, cukup dengan enam cara sedehana ini, kamu juga bisa menjadi cerdas

#1

Biasanya setiap kali ada waktu senggang, kebanyakan orang akan memeriksa media sosial. Sebagian lagi chatting dan stalking. Kalau saja kamu menggunakan waktu singkatmu yang berharga untuk membaca berita, ikut online course atau hal lain yang bisa mengasah otakmu. Jangan sampai otakmu berhenti berpikir. Sehingga otakmu enggak akan pernah idle. 

#2

Enggak semua orang punya kebiasaan menulis informasi yang sudah mereka terima. Kebanyakan mereka akan menyimak orang yang berbicara di suatu seminar, menyimak rapat atau mendengarkan dosen berbicara tanpa menuliskannya. Boleh saja kamu hanya menyimak. Tapi apa yang nempel di otak, lebih baik segera kamu tulis. Bukan hanya sebagai latihan otakmu, tapi juga akan meningkatkan daya ingat.

Dan siapa yang tahu catatanmu akan menjadi sebuah tulisan menarik dan menghasilkan uang?

#3

Banyak orang yang menyukai permainan. Tapi mereka memilih permainan yang enggak edukatif. Games bagus untuk otak. Tapi permainan yang mana dulu? Cobalah pilih permainan yang menyenangkan tapi juga bisa bikin kamu berpikir. Misalnya scrabbles, catur, Battleship dan lainnya. 

#4

Teman dan lingkungan ternyata juga berpengaruh. Ketika kamu berada di tengah-tengah teman yang intelek dan suka berdiskusi, otakmu juga akan 'terpaksa' diajak untuk berpikir. Jadi usahakan memiliki teman yang jauh lebih pintar darimu. Sehingga kamu bisa belajar dari mereka kapan pun dan di mana pun, dengan gratis!
#5

Bacalah buku. Buku adalah jendela dunia. Kamu bukan hanya bisa mengetahui tentang negara lain yang belum pernah kamu kunjungi. Tapi juga pelajaran hidup yang bsia kamu ambil dari kisah-kisah yang berkualitas. Selain itu, membaca buku juga bisa menambah kosa katamu. Sehingga kamu akan menjadi lebih mengerti berbagai persoalan di dunia. 

#6

Cara yang paling mudah supaya ingatanmu lebih melekat adalah mengajarkannya kepada orang lain. Dengan mengulang dan menyampaikan apa yang kamu pahami tentang satu masalah, artinya kamu juga belajar kembali. Kamu seperti membaca buku yang sudah pernah kamu baca sekali lagi. Dan metode ini juga bisa sebagai ukuran pemahamanmu. Kalau kamu sudah bisa menjelaskan dengan sederhana, artinya kamu sudah benar-benar paham. 

Kalau kamu melakukan keenam hal di atas setiap hari, kamu akan menjadi terbiasa untuk berpikir. Sehingga otakmu akan selalu bekerja. Ini yang membuat day ingatmu menguat. Sehingga kamu akan menjadi lebih cerdas. 

Baca juga: 6 Hobi yang Sanggup Bikin Kamu Jadi Orang yang Lebih Pintar

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading