Sukses

Lifestyle

18 Kebiasaan Makan Sehat yang Wajib Dipraktekan Kamu yang Ngekos

Fimela.com, Jakarta Ketika ngekos, rasanya sulit dan hampir gak mungkin untuk makan sehat. Ya, jadi anak kosan ketika kuliah bisa terasa gila dan stres dan gak masuk akal. Tapi bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi apa pun yang kamu mau. Sebenarnya inilah waktu yang tepat untuk mulai makan lebih sehat jika kamu belum menjalani sebelumnya. Kali ini Bintang.com akan menampilkan kebiasaan makan sehat yang bisa kamu praktekan selama ngekos. Penasaran? Cekidot!

Kebiasaan #1

Kebiasaan #1 | via: buzzfeed.com

Makan sehat bukan berarti berdiet. Jangan mulai berdiet saat ngekos. Setidaknya, berdiet tanpa panduan dari profesional seperti dokter atau ahli gizi. Karena tanpa pengawasan, kamu mungkin akan berakhir dengan mengadopsi kebiasaan makan yang tidak sehat, isu citra tubuh, atau masalah kesehatan lainnya.

Jika kamu tertarik untuk menurunkan atau menaikan berat badan atau mengubah komposisi tubuhmu, pastikan untuk mengecek keadaanmu pada dokter atauu ahli gizi terlebih dahulu. Sehingga mereka bisa bantu menetapkan tujuan realistis dan menawarkan dukungan dan panduan dalam perjalananmu.

Kebiasaan #2

Fokus pada menambah asupan makanan bernutrisi daripada membatasi makanan yang gak sehat. Daripada berpikir tentang apa yang gak seharusnya kamu makan, pikirkan tentang apa yang harus kamu makan. Ada baiknya melakukan pendekatan pada seluruh makanan dan fokus pada penambahan buah, sayuran, karbohidrat, protein, dan lemak baik. Kamu tetap harus makan sesedikit mungkin makanan yang diproses sebisamu. Tapi dengan pendekatan pada seluruh makanan, kamu gak perlu terlalu khawatir tentang kalori dan hal buruk tambahan yang ada karena kamu sudah mengkonsumsi semua kelompo makanan bernutrisi dan mendapatkan vitamin dan mineral yang kamu butuhkan.

Kebiasaan #3

 

A photo posted by BuzzFeed Health (@buzzfeedhealth) on

Pilih makanan sehat yang benar-benar ingin kamu makan. Kamu harus menikmati makananmu dan berpikir 'apa yang kusuka dan bagaimana aku bisa membentuk makanan sehat dari itu'. Plus, makanan tertentu dapat memberi efek berbeda pada masing-masing orang. Jadi penting juga untuk memperhatikan bagaimana makanan berbeda mempengaruhi tubuh dan tingkatan energimu. Hanya karena suatu makanan terlihat sehat, bukan berarti itu baik untukmu dan sistem pencernaanmu. Sebelum kamu khawatir tentng menghentikan lemak dan garam, pelajari dasar dari makanan bernutrisi yang dapat membuat indra perasa dan tubuhmu bahagia.

Kebiasaan #4

 

A photo posted by Tae Mck (@justacupoftae) on

Jangan biarkan jadwal kuliahmu mendikte makananmu. Idealnya kamu akan lapar ketika bangun tidur, istirahat makan siang, dan duduk saat makan malam — tapi kadang paket kelasmu tidak kondusif untuk melakukan hal itu. Jadi cobalah untuk merencanakan makanan sesuai jadwal untuk memberikan kemampuan terbaikmu. Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk dari tubuh dan makan ketika kamu lapar — bahkan jika itu berarti kamu harus membawa bekal camilan untuk jeda 5 menit antar kelas.

Kebiasaan #5

Penuhi kamar kosmu dengan persediaan camilan yang bukan junk food.

Kebiasaan #6

 

A photo posted by Kimberly Crossno (@kcrossno) on

Selalu simpan camilan darurat di tas jika tiba-tiba kamu kelaparan.

Kebiasaan #7

 

A photo posted by Joeyee (@matchaaaaa) on

Selipkan protein pada setiap makanan atau camilan untuk rasa kenyang lebih lama.

Kebiasaan #8

Kebiasaan #8 | via: buzzfeed.com

Buat salad enak dan bernutrisi yang kelihatannya akan sangat ingin kamu makan. Hindari jatuh ke jebakan produk yang “rendah lemak” atau “bebas lemak” untuk sausnya karena mereka biasanya memiliki gula yang melimpah. Gantilah dengan minyak zaitun yang akan membantumu tetap kenayang.

Kebiasaan #9

 

A photo posted by Ashrii (@ashriicos) on

Cobalah untuk gak meminum kalorimu. Kurangi minuman bersoda. Gantilah dengan air putih atau teh manis yang kamu buat sendiri. Bisa juga coba infused water yang sekarang sedang tren.

Kebiasaan #10

 

A photo posted by Laura Doyle (@mrslauradoyle) on

Ketika kamu membeli makanan beku, pilihlah yang lebih sehat atau versi yang tidak terlalu banyak diproses. Banyak pilihan dengan rasa yang sangat mirip dengan makanan kesukaanmu tapi dengan bahan baku yang lebih baik — seperti susu skim, pasta gandum, atau gula dan sodium yang dikurangi. Hanya karena sebuah makanan memiliki waktu simpan lebih lama dan mudah untuk disiapkan, bukan berarti makanan itu harus selalu gak sehat.

Kebiasaan #11

 

A photo posted by David A. (@dave_dipaolo) on

Selalu simpan setoples selai kacang alami untuk protein instan.

Kebiasaan #12

 

A photo posted by somebody (@gettinghappyback) on

Pilih sereal yang mengandung gula kurang dari 10 gram setiap penyajiannya.

Kebiasaan #13

 

A photo posted by @countdownwithme on

Sebisa mungkin bawa bekal untuk dimakan saat jam makan siang. Selain sehat, kamu juga bisa berhemat dengan tidak jajan di luar.

Kebiasaan #14

 

A photo posted by @alexnewbigging_sw_account on

Kalau punya kesempatan untuk pulang ke rumah seminggu sekali atau sebulan sekali, buat stok makanan yang disimpan dalam wadah macam Tupperware. Nanti di kosan tinggal kamu simpan di kulkas.

Kebiasaan #15

Kebiasaan #15 | via: buzzfeed.com

Kamu juga bisa merebus selusin telur untuk stok selama seminggu.

Kebiasan #16

Kebiasaan #16 | via: buzzfeed.com

Seduh sendiri kopi atau tehmu dan bawa ke mana pun dengan tempat minum favoritmu. Kamu bisa mendapatkan kesegaran ketika beraktivitas tanpa perlu mengeluarkan uang untuk jajan.

Kebiasan #17

Isi perutmu sebelum datang ke acara di mana tersedia makanan gratis. Sehingga kamu gak kalap ketika di tempat acara. Perjuangan makanan gratis namun gak sehat sungguhlah berat bagi anak kos.

Kebiasan #18

 

A photo posted by BuzzFeed Health (@buzzfeedhealth) on

Jangan membanting dirimu terlalu keras. Terutama selama minggu ujian.

 

Tetapkan dalam pikiran kalau kebutuhan setiap orang akan beragam. Maka dari itu, kebiasaan makan di atas gak berarti merupakan panduan lengkap bagi semua anak kos. Jika kamu khawatir dengan kebiasaan makan, nutrisim atau hubunganmu dengan makanan, disarankan untuk mengeceknya dengan dokter atau ahli nutrisi untuk tahu kebutuhan kesehatanmu sebagai individu.

 

Baca juga: 7 Bahan Makanan Wajib untuk Anak Kos di Bulan Puasa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading