Sukses

Lifestyle

9 'Feature' yang Mungkin Nggak Kamu Tahu di WhatsApp

Bintang.com, Jakarta Dewasa ini, mengobrol dengan orang lain itu tak selalu harus tatap muka. Era digital memang menyediakan pilihan media komunikasi yang beragam. Telepon, e-mail, atau bahkan berbincang dengan menggunakan aplikasi chat kerap dilakukan publik. Berbicara tentang aplikasi chat, begitu banyak pilihan yang tersedia. Kamu juga bisa langsung mengaksesnya di smartphone maupun laptop, sehingga kemudahan pun kian terasa.

Sebut saja WhatsApp. Salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan dan paling familiar di Indonesia ini memang kerap menambahkan berbagai keistimewaan. Kalau kamu adalah salah satu penggunanya, coba simak dulu berbagai feature yang mungkin enggak ditahu (atau sadari) di WhatsApp.

Lihat siapa teman yang paling sering chatting denganmu. Supaya tahu siapa yang paling sering mengobrol denganmu via WhatsApp, kamu cukup ke menu Setting > Account > Network Usage. Setelahnya, akan terlihat kalkulasi dari pesan yang kamu dan temanmu kirimkan.

Lihat siapa teman yang paling sering chatting denganmu di WhatsApp. | via: businessinsider.co.id

Mute chat yang ada di groupKalau kamu punya group di WhatsApp (terlebih kalau jumlah anggotanya lumayan banyak) terkadang notifikasi percakapan yang masuk terasa mengganggu. Makanya, kamu bisa mengaktifkan mute mode. Tinggal masuk ke detail group kemudian pilih mute dan atur waktunya.

Mute chat yang ada di group di WhatsApp. | via: businessinsider.co.id

Sembunyikan waktu 'last seen'. Merasa tak nyaman saat orang lain tahu last seen WhatsApp milikmu? Pilih Setting > Account > Privacy > Last Seen. Di sini, kamu bisa mengatur siapa yang bisa melihat last seen, sehingga percakapanmu bisa dijalani dengan lebih nyaman.

Sembunyikan waktu 'last seen' di WhatsApp. | via: businessinsider.co.id

Mengubah nomor WhatsApp saat nomor telepon selularmu berganti. Punya WhatsApp memang harus menyertakan no. telepon, tapi kalau nomor itu berganti, kamu jangan khawatir. Pilih Setting > Account > Change Number, kemudian ikuti langkah-langkah yang diarahkan dari sana.

Mengubah nomor WhatsApp saat nomor telepon selularmu berganti. | via: businessinsider.co.id

Memilih nada pemberitahuan group. Supaya kamu bisa tahu apakah chat yang masuk itu berasal dari personal atau group tanpa melihatnya, maka suara notifikasinya lah yang harus dibedakan. Klik nama group, lalu pilih Custom Notifications.

Memilih nada pemberitahuan group di WhatsApp. | via: businessinsider.co.id

Menghentikan foto yang tersimpan secara otomatis ke galeri. Tak hanya berbincang, terkadang kamu atau temanmu pun mengirim gambar. Supaya tak tersimpan secara otomatis ke galeri, kamu cukup pilih pengaturan di smartphone, pilih photos, kemudian non-aktifkan WhatsApp.

Menghentikan foto yang tersimpan secara otomatis ke galeri di WhatsApp. | via: businessinsider.co.id

Melihat kapan seseorang membaca pesanmu. Memerika kapan seseorang membaca pesanmu bisa jadi satu hal penting dalam beberapa keadaan. Kalau melakukannya di group WhatsApp, kamu pun bisa melihat siapa saja yang sudah membaca pesan yang kamu kirimkan. Pilih pesan yang kamu kirimkan, pilih sambil menahan tekanan pada pesan tersebut, pilih info.

Melihat kapan seseorang membaca pesanmu di WhatsApp. | via: businessinsider.co.id

Tak mengaktifkan read receiptsSupaya temanmu tak tahu kapan kamu membaca pesannya, read receipts harus di non-aktifkan dengan pilih Setting > Account > Privacy. Namun, ini berlaku dua arah, kamu pun tak bisa melihat kapan dia membaca pesanmu.

Tak mengaktifkan read receipts di WhatsApp. | via: businessinsider.co.id

Bisa diakses di web. Kamu bisa chatting di laptop. Feature ini memang cukup membantu dalam beberapa keadaan. Bahkan, iOS pun sekarang sudah support untuk feature ini. Buka web.whatsapp.com di web, nanti akan muncul barcode. Kemudian, pilih Setting > WhatsApp Web, dan lakukan scanning barcode.

WhatsApp bisa diakses di web. | via: businessinsider.co.id

Berbagai feature yang ada memang dimaksudkan untuk mempermudah, serta memenuhi kebutuhanmu, para pengguna WhatsApp. Setelah tahu, coba deh langsung diaplikasikan ke WhatsApp milikmu. Kalau kamu tahu feature di WhatsApp yang belum disebutkan, langsung tulis di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: Gunakan 5 Aplikasi Ini Supaya 'Traveling' Jadi Makin Mudah

Loading