Sukses

Lifestyle

7 Tempat Paling Tepat untuk 'Surfing' di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Beberapa traveler melakukan perjalanan berlandaskan satu hal yang memang disukai. Ada yang suka mencoba berbagai macam makanan, melakukan berbagai pendakian di tempat-tempat paling fantastis, namun tak sedikit yang pergi untuk menemukan spot berselancar. Beberapa tetap melakukan itu berkali-kali, namun tak sedikit juga yang berganti-ganti gaya traveling.

Sebagai salah satu negara yang punya garis pantai terpanjang, Indonesia tentu saja 'menyediakan' berbagai macam laut. Ada yang didominasi karang-karang besar, bebatuan raksasa yang berjejal di bibir pantai, hamparan pasir putih yang tak terhalang, dan pantai dengan gelombang ombak yang begitu spektakuler. Berbicara tentang ombak besar, destinasi-destinasi di Indonesia ini yang pasti jadi incaran para peselancar.

Pantai Plengkung

Pantai yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, ini juga dikenal dengan nama G-Land. Tak main-main, menggulung sepanjang 2 kilometer, ketinggian ombak di sini bisa mencapai 6 hingga 8 meter. Tak hanya itu, karena tekanan air laut dari Kutub Selatan, ombak di pantai yang berjarak 20 kilometer dari desa Grajagan ini punya 7 gulungan dengan frekuensi setiap 5 menit.

Pantai Plengkung. | via: tripgabungan.com

Pulau Nias

Sudah tak heran lagi kalau pulau ini jadi salah satu tempat terbaik untuk berselancar. Kalau kamu bertandang ke Nias, dominan turis yang datang pasti membawa papan surfing. Ombaknya menggulung dengan sempurna di ketinggian satu hingga lima meter. Walau terdapat jajaran karang di bibir pantainya, namun hal itu tak mengganggu kegiatan berselancar. Pantai Lagundri dan Sorake adalah dua spot paling terkenal di sini.

Pulau Nias. | via: surfline.com

Nusa Lembongan

Pesona Bali memang tak usah dipertanyakan lagi. Selain wisata budaya, kamu juga bisa puas berselancar di pantai-pantai yang punya ombak fantastis. Tak jauh dari beberapa spot diving di Nusa Penida, kamu akan temukan gulungan ombak tinggi di Nusa Lembongan, tempat terbaik untuk dijadikan 'wahana' surfing.

Nusa Lembongan. | via: wavehunter.com.au

Pulau Nihiwatu

Sumba tak hanya terkenal oleh padang savananya yang begitu luas. Wisata laut di timur Indonesia memang selalu menarik untuk dijelajahi. Ternyata berselancar pun bisa kamu lakukan di pulau Nihiwatu. Dikelola oleh pihak independen, pulau dengan julukan left god waves ini membatasi jumlah peselancar untuk surfing, yakni 10 orang setiap hari.

Pulau Nihiwatu. | via: thelongrun.com

Kepulauan Mentawai

Sumatera tak hanya punya Nias untuk dijadikan destinasi bagi para peselancar. Gulungan ombak di Kepulauan Mentawai pun tak kalah memesona. Terdiri atas 400 spot surfing dengan tingkat kesulitan yang berbeda, Mentawai adalah surga bagi para penakluk ombak. Pulau Sipora jadi satu spot surfing paling popular di sini.

Kepulauan Mentawai. | via: mentawaiislands.com

Pulau Timor

Salah satu destinasi yang punya gelombang ombak terbaik di Indonesia. Pulau Timor dan Rote adalah tempat paling tempat untuk merasakan sensasi berselancar dengan suasana tenang. Belum banyak diketahui, di sini terdapat beberapa titik berselancar, break point misalnya. Sensasi berselancar di pulau paling selatan Indonesia, lengkap dengan pemandangan hutan hujan tropis yang begitu memukau.

Pantai Timor. | via: funsporting.com

Pantai Ombak Tujuh

Menjajal sensasi berselancar di Ombak Tujuh yang membuat adrenalinmu terpacu. Nama pantai ini konon berasal dari tujuh gelombang ombak yang datang secara bersamaan. Menggulung dengan begitu sempurna, sebelum terpecah di bibir pantai. Lokasi yang tak sulit dijangkau membuat pantai ini jadi salah satu destinasi favorit di Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Ombak Tujuh. | via: swellnet.com

Menaklukkan ombak-ombak besar di atas papan selancar. Tak selalu mulus, kadang kamu pun harus tergulung gelombang ombak. Namun, tentu saja itu adalah pengalaman yang patut untuk dicoba. Punya rekomendasi tempat lain untuk surfing di Indonesia? Langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 7 Tempat Terbaik untuk Merasakan Kehidupan Alam Liar di Indonesia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading