Sukses

Lifestyle

Tragedi Mina Berulang, Ternyata Mina Artinya 'Pertumpahan Darah'!

Fimela.com, Jakarta Idul Adha 2015 kembali menjadi sorotan. Bukan hanya saat musibah jatuhnya crane dan kebakaran, melainkan terulangnya tragedi Mina. Sambil berdoa untuk para korban, Bintang.com mau mengajak kamu mengenal kota ini bersama-sama. Simak, yuk.

#Mina berada sekitar 5 kilometer dari Kota Mekkah. Disebut lembah istimewa karena di sinilah Nabi Ibrahim AS melempar jumrah dan menyembelih domba sebagai pengganti Ismail. Banyak orang Arab mengartikan Mina sebagai 'tempat berkumpul'.

Kota Mina | Via: kaskus.co.id

#Arti Mina sungguh banyak. Mulai dari 'tempat berkumpul' seperti yang tadi disebutkan, dan arti lainnya diambil dari ensiklopedia Haji, yakni 'pengharapan' (muna). Nama ini diberikan oleh nenek moyang manusia, Adam. Mina juga dikenal sebagai Kota 1000 tenda sebab di sini berdiri tenda-tenda yang digunakan beristirahat para jamaah saat musim haji tiba.

Kota Mina | Via: webhaji.com

#Namun hal yang mengejutkan dari arti Mina dijelaskan dalam buku 'Sejarah Kota Mekkah' ditulis oleh Muhammad Ilyah. Dalam buku itu ditulis, Mina juga berarti 'Pertumpahan Darah'. What the?!

Melihat potret-potret setelah tragedi Mina berlangsung saat perayaan Idul Adha.

#Banyak orang meyakini buku tersebut namun tak sedikit yang menganggap itu hanya sebutan. Tragedi sering terjadi lantaran luasnya tempat sangat terbatas. Tidak sebanding dengan jumlah jamaah haji yang tiap tahunnya bertambah.

Lempar jumrah | Via: muslimdaily.net

Lempar jumrah | Via: kemenag.go.id 

#Sebenarnya aktifitas melempar jumrah sudah diatur sesuai negaranya masing-masing. Namun ada saja yang tidak mengidahkan peraturan ini sehingga musibah terjadi. Sebaiknya, demi menghindari terulangnya kejadian ini, jangan pernah lalai dari tata tertib berhaji yang sudah dibuat oleh pemerintah setempat, ya. Semoga kejadian tragedi Mina pada Idul Adha 2015 tak terjadi tahun depan. Amin.

Petugas medis bergegas membawa korban luka tragedi Mina, Kamis (24/9). | via: time.com

Baca juga: 7 Video Amatir Tragedi Mina yang Muncul di Instagram Netizen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading