Sukses

Lifestyle

7 Gunung yang Punya 'Sunrise' Terindah di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sudah banyak traveler yang mengatakan, "seindah apapun pantai, pada akhirnya seseorang pun harus mencicip nikmatnya ketinggian". Karenanya sesekali kamu harus menjajal naik hingga ke puncak gunung-gunung indah. Tak perlu jauh-jauh, Indonesia pun 'menyediakan' pesona ketinggian tersebut.

Banyak motif yang melatar belakangi seseorang melakukan pendakian. Salah satunya, menikmati keindahan matahari terbit di spot yang sama sekali berbeda. Bukan garis cakrawala di sela gedung pencakar langit, namun langsung berhadapan dengan sang surya. Berikut gunung-gunung di Indonesia yang punya sunrise terindah.

Rinjani

Tak ada yang sanggup menolak pesona Rinjani. 'Anak gunung' asli Indonesia yang sudah menjajal jalur pendakiannya menuturkan kalau sensasinya seperti tak di Indonesia. Bukan karena topografi alamnya, namun pendaki di waktu-waktu tertentu justru didominasi oleh turis mancanegara. Mereka semua hendak mengucap salam pada sang surya dari puncak Rinjani.

Matahari terbit di gunung Rinjani. | via: initempatwisata.com

Semeru

Bagaimana tak tertegun kalau bisa melihat matahari terbit langsung di tanah tertinggi Jawa? Samudra awan yang seakan menambah pesona sang surya yang muncul dengan anggunnya di ufuk timur, akan membius siapapun yang meliatnya. Puncak mahameru dan matahari terbit adalah kombinasi terbaik yang bisa dirasakan di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Matahari terbit di Semeru. | via: xplorea.com

Kerinci

Melihat matahari terbit di puncak gunung api tertinggi di Indonesia adalah satu sensasi yang ditawarkan Kerinci. Gunung yang ada di provinsi Jambi ini memang sepadan untuk didaki. Dari puncaknya kamu akan lihat beberapa kota di Sumatra Berat, serta suguhan yang paling diburu para pendaki, yakni panorama Danau Gunung Tujuh dari ketinggian.

Matahari terbit di Kerinci. | via: instagify.com

Bromo

Hamparan pasir yang punya harmoninya sendiri membuat Bromo jadi destinasi wajib kalau kamu bertandang ke timur Jawa. Berkuda dan menaiki tangga hingga ke puncak adalah beberapa pilihan untuk menikmati Bromo. Pesonanya bertambah kala kamu melihat matahari terbit yang sinarnya seketika menelan kabut, menggantinya menjadi warna keemasan yang begitu serasi dengan kuncup puncak Bromo.

Matahari terbit di Bromo. | via: jejakku.co

Ijen

Setelah puas melihat pertunjukkan api biru pada dini hari, Ijen tak membuatmu turun hingga matahari menampakkan diri. Melihat pergerakan sang surya sedikit demi sedikit di puncak Ijen memang memberi nuansa intim yang begitu berbeda. Satu cara paling tepat untk menutup penjelajahan yang telah dimulai sejak malam hari di tempat 'penghasil' api biru ini.

Matahari terbit di Ijen. | via: flickr.com

Papandayan

Gunung yang cocok bagi para pemula ini memang tak main-main memberi suguhan pesona alam. Terkenal akan hamparan edelweis, serta hutan mati yang punya pemandangan epik. Namun, keindahan Papandayan tak berhenti di situ. Gunung ini memberi panorama matahari terbit yang nyaris sempurna. Melihat garis cakrawala berbatas puncak gunung-gunung yang mengukung kota Garut.

Matahari terbit di Papandayan. | via: alidesta.wordpress.com

Merbabu

Gunung yang berlokasi di Jawa Tengah ini tak hanya terkenal oleh hamparan savananya yang begitu menghipnotis. Berada di puncak Merbabu menyaksikan sang surya menyapa dunia untuk memulai hari lain, berteman dengan angin dingin yang menelesak masuk hingga ke tulang, serta hamparan kabut yang berangsur menipis membuat siapapun merindukan Merbabu dengan begitu mudah.

Matahari terbit di Merbabu. | via: flickr.com

Pendakian yang dilakukan dini hari, demi jadi 'orang pertama' yang bersua dengan hangatnya mentari pagi, memang setimpal untuk dilakoni. Kalau kamu tahu gunung-gunung lain di Indonesia yang juga punya panorama matahari terbit yang memesona, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 8 Gunung di Indonesia Ini Punya Padang Savana yang Memesonain

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading