Sukses

Lifestyle

Ketahui 4 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Investasi Reksa Dana

Fimela.com, Jakarta Kemudahan yang diberikan reksa dana bikin banyak orang berbondong-bondong 'menyimpan' uang mereka di jenis investasi ini. Reksa dana menjadi sangat populer setelah banyak orang tahu kalau kamu bbisa berinvestasi hanya dengan Rp 100.000 saja. Sebenarnya keadaan ini ada baiknya juga. Soalnya anak muda usia sekitar 20 tahun sudah bisa berinvestasi tanpa harus melalui bantuan orangtuanya. 

Banyak orang yang meragukan apakah anak muda sepertimu sudah siap investasi reksa dana. Karena orang melihat usia mereka yang masih belia. Sebenarnya, bukan usia yang menjadi masalah. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi calon investor sebelum benar-benar dinyatakan siap untuk berinvestasi. Nah, kamu, yang masih bingung kapan sebaiknya memutuskan untuk investasi reksa dana, enggak usah khawatir. Bintang.com kali ini bakal kasih tahu empat tanda kalau kamu sudah siap berinvestasi. 

Pendapatan lebih besar dari pengeluaran. Jangan sampai gaji satu bulan habis hanya untuk belanja dan ongkos. Kalau kamu enggak punya tabungan, kamu mau investasi pakai uang apa? Mungkin buat kamu yang suka menabung hal ini kedengaran lucu. Tapi, banyak orang yang sama sekali enggak punya tabungan. Setiap kali gajian, dalam waktu satu minggu sudah menghabiskan setengah gajinya. Jangan sampai kamu juga seperti itu. Kamu harus menyisihkan uang untuk kamu investasikan. 

Ketahui 4 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Investasi Reksa Dana | via: gijobs.com

Kamu enggak punya utang konsumtif. Utang konsumtif adalah utang kartu kredit. Banyak orang yang menjadikan kartu kredit sebagai ladang uang mereka. Hasilnya, mereka punya utang karena enggak sanggup membayar tagihan atau hanya sanggup setor batas minimal. Utang akan menghambat 'aliran' danamu. Sehingga dikhawatirkan uangmu habis untuk membayar utang dan enggak bisa mengalokasikan dana untuk investasi. Tapi, kalau kamu sama sekali enggak punya hutang, artinya kamu siap untuk berinvestasi. 

Ketahui 4 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Investasi Reksa Dana | via: ad1.ae

Cicilan utang produktif lebih kecil dari 30% gaji perbulanmu. Cicilan utang produktif itu adalah cicilan yang sifatnya bukan konsumtif. Misalnya cicilan motor atau mobil, apartemen, KPR, dan lainnya. Bukan termasuk cicilan ponsel, ya. Kamu harus bisa membedakan mana cicilan konsumtif dan produktif. Nah, cicilan bulanan yang sifatnya produktif ini jumlahnya harus lebih kecil dari 30% gajimu. 

Misalnya, gajimu Rp 3.000.000 perbulan. Tiga puluh persen dari total gaji adalah Rp 900.000. Maka, cicilan produktifmu enggak boleh lebih dari Rp 900.000 dalam sebulan. Nah, kalau syarat ini kamu juga sudah penuhi, tandanya kamu sudah siap untuk berinvestasi. 

Ketahui 4 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Investasi Reksa Dana | via: quicken.intuit.com

Kamu punya dana darurat. Dalam satu bulan, pasti kamu mengeluarkan dana darurat. Dana darurat itu hanya bisa kamu gunakan untuk hal-hal yang sifatnya mendesak. Misalnya tiba-tiba kamu sakit, atau ada kerabat yang mengalami kecelakaan. Nah, situasi darurat ini enggak pernah bisa kamu prediksi. Makanya kamu harus memeiliki dana darurat di luar dana sehari-hari dan tabungan. 

Ketahui 4 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Investasi Reksa Dana | via: dreamatico.com

Nah, kalau semuanya sudah kamu penuhi, berarti kamu sudah boleh berinvestasi reksa dana. Hal yang paling penting adalah, pengeluaranmu jangan sampai lebih besar dari pendapatan perbulan. Artinya, kamu harus punya tabungan paling enggak 30% dari seluruh gajimu. Sehingga uang tabungan itu bisa kamu investasikan. Kalau semua gajimu dihabiskan, bagaimana bisa kamu berinvestasi? Penuhi keempat tanda kesiapan di atas, sehingga kamu bisa mencapai kesuksesan finansial di masa yang akan datang. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Investasi Emas

;
Loading