Sukses

Lifestyle

5 Restoran yang Ada di Stasiun Kereta Api Kota-kota Besar Eropa

Bintang.com, Jakarta Belum lengkap perjalananmu ke Eropa kalau tak mencoba naik trasnportasi umum. Karena sebagian besar fasilitasnya sudah memadai, maka naik kendaraan umum pun tak akan mengurangi tingkat kenikmatan perjalananmu. Justru, sensasi berbeda nan seru yang ditawarkan. Pilihannya banyak, namun yang paling digemari selain bus hop on-hop off, adalah kereta api.

Moda transportasi ini memang cocok untuk kamu yang ingin berkeliling kota, ataupun berpindah dari satu destinasi ke destinasi lain di kota yang berbeda. Cepat, murah, dan kemudahan dalam berpindah adalah beberapa alasan mengapa banyak turis yang memilih kereta api. Saat berada di stasiun kereta api pun kamu masih bisa mencicip makanan-makanan enak, lho. Langsung datang ke resto-resto berikut ini saja.

1e Klas, Stasiun Centraal, Amsterdam

Namanya berasal dari ruang tunggu untuk first class. 1er Klas adalah restoran yang jadi salah satu 'sayatan' nunasa tahun 1880 yang masih ada hingga sekarang. Desain langit-langitnya megah, dindingnya berpanel kayu, dan memperlihatkan kehidupan liar dalam sebuah lukisan. Dengan dekorasi yang sedemikian rupa, harga makanan di resto ini terbilang murah. Hanya berkisisar di Rp. 60.000 - Rp. 450.000.

1e Klas, Stasiun Centraal, Amsterdam. | via: iamsterdam.com

Le Train Bleu, Gare de Lyon, Paris

Ratu dari semua resto yang ada di stasiun kereta api, Le Train Bleu. Dengan lukisan dinding luar biasa, tempat lilin, dan semua elemen yang berpadu dengan begitu elegan. Dibuka pada tahun 1901 oleh presiden Peerancis kala itu, Émile Loubet, resto ini baru selesai dipugar tahun lalu. Menunya memang mencerminkan Perancis seutuhnya. Wine lokal yang nikmat dan makanan-makanan tradisonal Perancis yang disajikan dengan begitu cantik.

Le Train Bleu, Gare de Lyon, Paris. | via: le-train-bleu.com

Crystal, Jungfraujoch, Swiss

Bertengger di ketinggian 3.454 meter, Jungfraujoch bukan hanya jadi jalur kereta api tertinggi di Eropa, namun juga yang paling dramatis. Resto ini adalah spesialisasi tempat makan dengan penyajian makanan-makanan khas Swiss. Walau harganya tak murah, namun pemandangan yang akan kamu dapat akan begitu setimpal. Menu makanannya berkisar di harga Rp. 500.000 - Rp. 800.000.

Crystal, Jungfraujoch, Swiss. | via: theguardian.com

Midi station Brasserie, Brussels

Resto ini ada di negara yang terkenal akan kelezatan wafflenya. Seorang arsitek, Antoine Pinto, mengusung tema 'modern baroque' untuk resto ini. Makanannya terbilang klasik, termasuk asparagus putih dari Mechelen, smoked salmon, dan saus mousseline. Di sini juga terdapat cocktail bar, oyster bar, juga dance floor. Harga menu di sini mulai dari Rp. 250.000.

Midi station Brasserie, Brussels. | via: theguardian.com

Orient Express, Stasiun Sirkeci, Istanbul

Salah satu pilihan ketenangan di dalam stasiun yang begitu ramai, Orient Express dibuka pada tahun 1890, namun baru mulai beroperasi dengan baik pada tahun 1930-an. Di bawah langit-langit dan jendela yang begitu tinggi, kamu bisa menikmati secangkir kopi atau teh saat sore hari. Berteman potret hitam-putih Agatha Christie yang ada di dinding.

Orient Express, Stasiun Sirkeci, Istanbul. | via: Alamy

Selagi menunggu kereta api atau sekedar berisitirahat untuk menuju tempat penginapan, kamu bisa berhenti dan makan makanan nikmat yang tersedia di sini. Kalau tahu restoran stasiun kereta api yang ada di kota-kota besar Eropa lainnya, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: Merasakan Perjalanan di 5 Kereta Paling Mewah dari Seluruh Dunia

Loading