Sukses

Lifestyle

4 Cara Mudah untuk Menabung Sekarang Juga

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang enggak konsisten dalam menabung. Meskipun sudah menyisihkan sebagian uang dari seluruh gajinya, tetap saja uang tabungan terambil untuk keperluan lain. AKhirnya tabunganmu enggak bertambah-tambah. Belum lagi banyaknya keinginan untuk berbelanja dan makan bersama teman-teman dan keluarga. 

Mengingat menabung sangat penting untuk masa depanmu, bagaimana pun juga kamu harus 'memaksa' dirimu sendiri untuk menabung. Kalau investasi masih belum bisa karena 'kesehatan keuanganmu' belum stabil, cobalah empat cara di bawah ini. 

Bagi pendapatanmu menjadi tiga bagian. Salah satu kesalahan terbesar adalah enggak memisahkan mana uang untuk belanja dan mana uang yang ingin kamu tabung. Bukalah akun pada dua atau tiga bank. Simpan uang untuk keperluan sehari-hari di bank yang berbeda dengan uang untuk kamu tabung. Satu tabungan lagi berisi uang yang bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang. 

Pilih salah satu pengeluaran yang bisa kamu kurangi. Coba pikir, adakah pengeluaran yang bisa kamu tekan? Contoh, kamu bisanya makan di luar tiga kali satu minggu bersama teman-teman. Cobalah untuk menguranginya menjadi satu minggu sekali. Uang sisa makan-makan yang enggak kamu pakai kamu sisihkan dan ditabung. 

Beli barang-barang yang mendapat potongan harga minimal 50%. Enggak ada orang yang bisa bantu kamu selain dirimu sendiri. kamu yang harus menahan diri untuk enggak belanja terlalu banyak. Tapi jangan juga menyiksa dirimu. Kalau kamu butuh baju baru karena baju yang kamu punya sudah enggak layak pakai, pilihlah baju berkualitas yang mendapat potongan harga minimal 50%. Sehingga kamu masih bisa berhemat meski beli baju baru. 

Coba membuka tabungan berjangka. Kalau ketiga cara di atas juga belum bisa 'memaksamu' menabung, cobalah pergi ke salah satu bank yang kamu percaya. Tanyakan apakah ada program tabungan berjangka. Program ini sangat membantumu. Jadi, sistemnya begini; kamu tentukan berapa jumlah uang yang ingin kamu tabung setiap bulannya. Pihak bank akan langsung menarik uangmu di rekening sebesar yang sudah kamu tentukan tadi. Uang ini akan bisa kamu ambil setelah satu tahun kemudian, atau sesuai dengan kesepakatan dan pilihan yang mereka tawarkan. Program ini sangat membantumu untuk menabung. 

Dengan begini, kamu akan secara enggak langsung 'dipaksa' untuk menabung. Jadi kamu enggak akan kehabisan uang lagi sebelum gaji bulan berikutnya datang. Sebenarnya, menabung adalah persoalan konsistensi dan keteguhan hati. Kalau kamu sudah terbiasa menabung dan bisa mengontrol dirimu sendiri, kamu enggak perlu membuka tabungan berjangka. Dengan sendirinya, kamu akan terbiasa dan sadar untuk menabung. 

Baca juga: 6 Cara Siapkan Dana Masa Tua Buat Kamu yang Masih Muda

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading