Sukses

Lifestyle

Cara Ampuh Atasi 'Stress' Usai Pulang Kerja

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan menumpuk, banyaknya rapat, dan kemacetan yang setiap hari kamu alami bisa bikin kamu stressBelum lagi masalah yang timbul di kantor, klien yang protes dan marah-marah, hingga masalah keluarga yang mau enggak mau juga kepikiran meskipun sedang bekerja di kantor. 

Banyak orang meremehkan stress dan hanya memilih untuk cepat-cepat tidur. Wajar memang, karena kamu sangat lelah dan enggak mau membahas apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan. Soalnya, besok kamu masih harus menghadapi hal yang sama. Kehidupan yang sangat monoton ini sebenarnya enggak baik untuk kesehatanmu. Tekanan dan suasana yang selalu sama justru menambah beban pikiran. 

Tapi, buat kamu yang baru pulang kerja, enggak usah khawatir. Kamu bisa menghilangkan stress dengan tiga cara sederhana. Hanya tiga? Simple banget kan? Kalau kamu penasaran, langsung saja simak bahasan selengkapnya di bawah ini. 

Latihan pernapasan. Cobalah untuk mengatur napasmu. Ambil napas perlahan-lahan sambil menghitung dalam hati 10-12 hitungan, tahan selama 10 detik. Kemudian hembuskan napas perlahan-lahan minimal 15 hitungan. Latihan pernapasan ini mungkin terdengar sepele tapi selain menghilangkan stress cara kerja setiap organ dalam tubuhmu bisa diperbaiki hanya dengan latihan ini. 

Luangkan waktu bersama keluarga. Meskipun kamu lelah, cobalah untuk menyapa anak, jika sudah menikah, atau berbincang dengan orangtua. Jangan langsung masuk kamar setelah mandi dan bersih-bersih lalu tidur. Berbincang-bincang dengan orangtua bisa bikin suasana hatimu lebih baik, lho. Lagian, memangnya kamu enggak kangen sama orangtuamu? Sebagian besar waktumu dihabiskan di luar rumah, lho. 

Manjakan dirimu dengan berbagai cara, sesuai dengan selera. Misalnya, kamu suka berendam dalam bak mandi dengan air hangat dan aroma terapi. Atau kamu suka dipijat? Panggil saja jasa pijat keluarga ke rumahmu. Badanmu yang pegal-pegal bakalan jadi lebih lentur dan enak. Lakukan apa saja yang memanjakan dirimu sendiri. Ini akan membantumu lupa dengan masalah di kantor dan stress akibat macet di jalan. 

Nah, dengan ketiga cara di atas, stress bakal berkurang. Sehingga tidurmu lebih nyenyak dan siap menyambut hari di hari esok. Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang sehat dan bergizi. Serta minum banyak air mineral. Soalnya makanan juga ternyata berpengaruh pada pikiran kita. 

Baca juga: 5 Senjata Rahasia untuk Mengatasi Stress yang Menghampirimu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading