Sukses

Lifestyle

Hari Batik Nasional, 6 Tokoh Dunia Ini Ikut Bangga Mengenakannya

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti tahu, hari ini (2/10) adalah Hari Batik Nasional. Tanggal 2 Oktober ini dijadikan Hari Batik Nasional sejak tujuh tahun lalu oleh UNESCO. Sejak saat itu, batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. 

Batik yang tadinya cenderung dikenakan untuk acara yang resmi saja, seperti menghadiri acara besar, pernikahan, dan bekerja di kantor, kini sudah bergeser menjadi suatu fashion statement. Batik kini digunakan semua kalangan dan enggak melulu dipakai di acara formal. 

Ternyata, bukan hanya orang Indonesia saja yang berbangga dengan warisan budaya yang indah ini. Tetapi para tokoh dari berbagai dunia pun ikut mengenakannya. Nah, sambil merayakan Hari Batik Nasional, mari mengenal enam tokoh dunia yang juga ikut berbangga mengenakan batik. 

Nelson Mandela. Kecintaan mendiang Nelson Mandela, yang pernah menjabat sebagai presiden Afrika Selatan ini, kepada batik ternyata sudah berlangsung sangat lama. Ketika Mandela berkunjung ke Indonesia tahun 1997, Presiden Soeharto yang saat itu masih menjabat terkejut melihat Mandela mengenakan batik Indonesia. Sedangkan Soeharto mengenakan jas untuk menyambut kedatangannya. 

Ternyata bukan hanya ketika berkunjung ke Indonesia, Mandela juga mengenakan batik ketika menghadiri sebuah acara formal "The Elders" tahun 2007. Selama acara berlangsung, Mandela mengenakan batik dengan rasa bangga yang luar biasa. Warna-warni batik tradisional justru semakin menonjolkan karisma pria kelahiran Mveso ini. 

Nelson Mandela | via: dereisnaarbatik.blogspot.com

Barack Obama. pria nomor satu di Amerika Serikat saat ini, Presiden Barack Obama pun ternyata pernah mengenakan batik. Pada saat menghadiri East Asia Summit Indonesia 2011 di Nusa Dua, Bali, Obama juga mengenakan batik Bali. Batik ini didesain di Bali dan diproduksi di Cina. 

Barack Obama | via: dailymail.co.uk

Vladimir Putin. Pada acara puncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013, Presiden Rusia ini juga mengenakan batik. Batik yang berwarna hijau dan coraknya yang indah ternyata juga cocok dikenakan oleh Putin. 

Vladimir Putin | via: afp.com

John Kerry. Di acara yang sama, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ke-68, John Kerry, juga memakai batik. Tapi corak dan warnanya berbeda. Kerry mengenakan batik berwarna ungu. 

John Kerry | via: nbcnews.com

Xi Jinping. Ternyata di acara yang sama juga hadir presiden Cina, Xi Jinping. Jinping menghadiri acara ini bersama istrinya. Jinping terlihat cocok dengan batiknya yang berwarna merah. 

Xi Jinping | via: stuff.co.nz

Ronald Reagan. Bukan hanya Obama saja presiden Amerika Serikat yang pernah mengenakan batik. Tapi presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan pun ikut berbangga mengenakannya. Saat itu, tahun 1986, Reagan bertemu dengan mantan Presiden Soeharto di Putri Bali Hotel.  

Ronald Reagan | via: gettyimages.com

Keenam tokoh dunia di atas ternyata juga menyukai batik. Mengenakan batik merupakan salah satu bentuk rasa cinta, penghormatan, dan pelestarian akan salah satu produk budaya suatu bangsa. Semoga di Hari Batik Nasional yang ketujuh ini, generasi muda Indonesia bisa lebih menghargai dan berbangga memiliki batik sebagai warisan budaya. 

Baca juga: Ayu Dyah Pasha: Saya Pecinta Batik

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading