Sukses

Lifestyle

3 Alasan Kenapa Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional

Fimela.com, Jakarta Menjadi pebisnis memang sering menggiurkan. Melihat pendapatan dan pesatnya perkembangan bisnis yang dijalankan orang sukses memang bikin kamu ogah kerja di kantor dan lebih memilih bisnis sebagai sumber penghasilan. Banyak anak muda yang coba-coba berbisnis. Mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga menjadi besar. Tapi ada juga anak muda yang sudah mencoba berkali-kali, tapi teteap saja gagal. 

Memang terlalu dini untuk menentukan apakah bisa sukses di dunia bisnis atau enggak. Soalnya, kamu masih muda dan belum lama berkutat di bidang ini. Hebat memang, kalau kamu di usia semuda ini sudah mau bersusah payah untuk mendirikan sebuah usaha. Meskipun gagal, kamu enggak menyerah. Tapi ada baiknya juga untuk mengetahui apa yang mejadi penyebab kegagalanmu. 

Percaya pada "wirausaha untuk semua orang." Sebagian orang menganggap wirausaha adalah untuk semua orang. Padahal enggak juga. Bukannya merendahkan dan menganggap kamu enggak mampu. Tapi setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda. Bukan hanya wirausaha saja, kok, tapi juga pekerjaan kantoran. Sebagian orang cocok untuk bekerja dengan waktu yang pasti selamam delapan jam. Sebagian lagi enggak suka dengan situasi kantor yang kesannya 'enggak bebas.' Akhirnya mereka memilih untuk berwirausaha, membangun bisnisnya sendiri. Setiap orang punya spesifikasinya masing-masing. Cobalah tanya pada dirimu sendiri, di mana tempatmu yang sebenarnya.

Mendahulukan kepentingannya sendiri. Ketika kamu berbisnis, kamu pastinya bermitra dengan orang lain. Selama melakukan kerja sama ini, kamu seharusnya punya tenggang rasa yang tinggi. Selain itu juga diperlukan kemampuan mengontrol ego dan emosi yang baik. Kalau kamu hanya mementingkan dirimu sendiri, kamu enggak akan bisa menjalin kerja sama dengan siapa pun. Tanpa kerja sama, perusahaanmu enggak bakal berdiri. 

Enggak bisa belajar dan menyesuaikan. Untuk membangun bisnis, kamu perlu keinginan yang kuat untuk belajar lagi dan lagi. Bahkan meskipun kamu sudah sukses dan berpenghasilan miliaran perbulan, kamu tetap harus belajar. Nah, kalau kamu malas untuk belajar dan menyesuaikan dirimu dengan keadaan dan perubahan pasar, jelas saja kamu mengalami kegagalan. Cobalah untuk lebih membuka pikiranmu. Belajarlah tanpa henti. 

Nah, ketiga hal inilah yang menjadi inti masalahnya, kenapa kamu tetap gagal lagi dan lagi. Bukan karena kemampuanmu, tapi wirausaha bukan untuk semua orang. Sikap dan sifatmu pun juga harus diubah agar bisa mencapai kesuksesan. 

Baca juga: 5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading