Sukses

Lifestyle

4 Cara Agar Kamu Bekerja Secara Efisien dan Produktif di Kantor

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang menjadi tuntutanmu untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan besar. Bukan hanya IPK dan pengalaman. Tapi juga kinerja. Termasuk cara bekerjamu selama berada di kantor. Enggak semua karyawan bisa bekerja dengan baik. Baik artinya bisa bekerja dengan cepat dan tepat. Dalam kata lain efisien.

Nah, efisiensi inilah yang mendorongmu untuk bisa produktif. Kalau kamu kerjanya enggak cepat dan tepat, kamu enggak akan bisa produktif. Bisa sih, kamu kerjanya cepat. Tapi banyak salahnya. Ini juga enggak memecahkan masalah. Atau pekerjaanmu enggak ada kesalahan sedikit pun, tapi lama kerjanya. Kamu juga enggak bakal bisa pulang tepat waktu. Makanya efisiensi dan produktivitas adalah dua hal yang penting. Buat kamu yang ingin bekerja dengan efisien dan produktif, ikuti keempat cara di bawah ini. 

Pilih salah satu pekerjaan yang kamu prioritaskan. Kalau kamu punya banyak daftar prioritas dan tujuan, tandanya kamu belum memprioritaskan apa pun selama bekerja. Jadi, cukup pilih satu tujuan dan pekerjaan besar. Lakukan secara rutin dan tekun.

Kamu juga bisa menggunakan buku catatan atau to-do list. Enggak semua orang ingat hal-hal kecil yang harus mereka kerjakan. Entah karena menganggap enteng atau karena memang mudah lupa. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa membuat daftar pekerjaan yang harus kamu lakukan dalam satu hari. Buat daftar tersebut pada malam hari sebelum kamu tidur. Besoknya, ketika kamu sudah duduk di kantor, kamu periksa apa saja yang harus kamu kerjakan. Tandai pekerjaan yang sudah selesai atau harus ditunda karena ada pekerjaan lain yang mendesak. 

Beristirahatlah. Duduk lama selama bekerja di kantor bukan berarti enggak melelahkan. Justru otot pinggul dan punggungmu sangat letih. Kalau kamu enggak punya waktu untuk melakukan peregangan, beristirahatlah. Kalau kamu bisa berbaring, maka berbaringlah sejenak. Tapi kalau enggak, berjalan-jalanlah di sekitar kantor untuk mendapatkan angin segar. Justru dengan berjalan, otot pinggulmu akan kembali mengendur. 

Jangan bekerja sambil 'main' media sosial. Satu lagi cara yang paling ampuh. Kontrol dirimu sendiri untuk enggak memeriksa media sosial selama bekerja. Karena bekerja sambil 'main' akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih lama. Akhirnya pekerjaan enggak selesai atau kamu harus pulang telat. 

Nah, keempat cara di atas sangat ampuh buat bikin kamu tambah produktif di kantor. Selain itu, kamu juga bisa bekerja dengan efisien. Enggak perlu membuang banyak waktu, kamu sudah bisa menyelesaikan banyak pekerjaan. Buat kamu yang sedang di kantor dan masih berkutat dengan banyaknya pekerjaan, selamat bekerja!

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Minggu Pagi Agar Produktif

 

;
Loading