Sukses

Lifestyle

3 Alasan Perusahaan Enggak Mau 'Hire' Orang Bertalenta

Bintang.com, Jakarta Ketika kamu ingin melamar kerja, pasti kamu sibuk mengumpulkan dan mencatata semua nilai plus dan talenta yang kamu punya. Semuanya langsung kamu tulis dalam CV dengan harapan langsung dipanggil untuk wawancara. Lantas berlanjut pada tahap tes dan pengumuman penerimaan karyawan. 

Tapi, tahukah kamu kalau sebagian perusahaan justru enggak mau mempekerjakan karyawan yang sangat bertalenta? Sebagian pelamar lulusan luar negeri, dengan gelar doktor ternyata justru sulit mencari pekerjaan di tanah air. Buat kamu yang penasaran, Bintang.com kali ini akan membahas alasannya. 

Bayarannya pasti mahal. Orang yang bertalenta pasti meminta bayaran yang lebih mahal dari karyawan lain yang pengalamannya kurang. Mereka bukan hanya menjual angka IPK dan pengalaman, tapi juga keahlian yang enggak bisa didapatkan di kampus. Karya-karyanya yang sangat berkualitas dan beda dari yang lain emmang luar biasa. Tapi enggak semua perusahaan 'berani' membayar tinggi hanya untuk satu orang. 

Akan mendorong kompetisi yang sengit. Masuknya orang yang bertalenta ke lingkungan kerja akan memunculkan kondisi yang enggak suportif. Soalnya, dengan adanya orang yang lebih bertalenta, karyawan lain merasa 'terancam' posisinya. Akhirnya mereka saling ingin lebih menonjol dan saling menyikut. Kondisi ini justru bikin suasana kerja enggak kondusif. 

Memaksa untuk menyesuaikan dengan budaya yang berlaku di tempat kerja. Mereka yang punya talenta akan memaksa diri mereka sendiri untuk bisa menyesuaikan dengan budaya yang berlaku di tempat kerja. Memang kedengarannya baik. Tapi, ketika dia memaksa dirinya untuk masuk ke dalam sebuah tim, mereka enggak bisa menyatu. Mereka hanya akan mencoba untuk bisa bergaul dengan sesama rekan kerja. 

Itu dia tiga alasan pokok yang bikin orang bertalenta justru terelminasi dan enggak diterima bekerja di perusahaan itu. Ternyata menjadi orang yang punya banyak talenta justru sulit mendapatkan pekerjaan. Buat kamu yang sudah berpengalaman, tuliskan alasan lain pada kolom komentar yang kamu ketahui, ya. 

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Karyawan Muda Diberhentikan dari Pekerjaannya

Loading