Sukses

Lifestyle

4 Fakta Jam Astronomi Praha yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Google memang kerap membuat berbagai Doodle sebagai bentuk perayaan akan satu event. Hari ini Jumat (9/10/15), giliran perayaan ulang tahun ke-605 jam astronomi Praha yang menghiasi laman depan sang mesin telusur raksasa. Berusia lebih dari setengah millennium membuatnya jadi jam tertua yang masih berfungsi hingga hari ini.

Jadi salah satu ikon kota, jam astronomi ini hampir tak mungkin kamu lewatkan saat bertandang ke Praha. Berlokasi di Old Town Square, kerumunan tak pernah absen untuk mendongakkan kepala hendak melihat uniknya jam yang sudah ada sejak 1410 ini. Karenanya, kamu harus tahu sederet fakta tentang jam astronomi Praha berikut.

Pernah rusak parah selama pemberontakan akan Nazi di Praha. Ketika sekutu 'menjemput' kemenangan atas Perang Dunia II pada 1945, pihak Nazi mulai menyabotase berbagai peralatan, termasuk salah satu bangunan bersejarah di Praha yang jadi tempat berdirinya jam astronomi. Alhasil, jam ini tak berfungsi sampai 1948 sebelum dilakukan proses perbaikan.

 

A photo posted by @toubamouba on

Kamu bisa melihat bagian dalam bangunan jam astronomi Praha dari Google Street View. Kalau masih mempertimbangkan apakah akan masuk ke bangunan dimana terdapat jam astronomi Praha berada, melihatnya lewat Google Street View bisa jadi satu cara untuk punya penilaian lebih. Kamu bisa memposisikan diri mulai dari Old Town hingga memasuki gedung.

 

A photo posted by HANCHEN (@ticu999) on

Salah satu yang mendesain jam astronomi Praha ini adalah seorang pendeta Katolik dan ilmuwan. Jam ini pertama dikonstruksi pada 1410 oleh dua laki-laki, yakni Mikulas dari Kadan, seorang pendeta Katolik, dan ilmuwan Jan Sindel. Pengaruh agama terlihat gamblang di sekitar jam, dengan 12 guru, serta kerangka yang merepresentasikan kematian.

 

A photo posted by be_wise🌿 (@wise_memorable) on

Lebih tua 2 tahun dari Joan of Arc. Sudah ada sejak 1410, jam ini sudah berfungsi dua tahun sebelum Joan of Arc lahir. Waktu itu juga menunjukkan hampir satu abad sebelum lahirnya William Shakespeare. Tak hanya itu, jam astronomi Praha juga 310 tahun lebih tua dari Amerika Serikat.

 

A photo posted by Stace 🌏 (@travelling_soul_) on

Rasanya jadi lebih lengkap ketika kamu sudah tahu berbagai hal tentang satu ikon kota yang hendak disambangi. Tepat berusia 605 tahun, namun 'wajah' jam ini tak menunjukkan kerentaan sedikit pun. Kalau kamu tahu fakta lain tentang jam astronomi Praha yang belum disebutkan, langsung tuliskan di kolom komentar saja.

 

Baca Juga: Ulang Tahun ke-605, Jam Astronomi Praha Jadi yang Tertua di Dunia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading