Sukses

Lifestyle

6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum 'Bleaching' Rambut

Fimela.com, Jakarta Sebelum mewarnai rambut, beberapa orang melewati proses pemutihan atau yang lebih dikenal dengan bleaching sebagai warna dasar. Proses ini dilakukan agar pewarnaan memiliki hasil yang sempurna. Namun, ada beberapa orang yang melewati proses ini dengan alasan takut rambut mereka jadi rusak. Yap! Proses bleaching ini memang berisiko membuat rambut cenderung rusak.

Meski begitu, bukan berarti hal tersebut nggak bisa dicegah dan diatasi. Sejak sebelum melakukan bleaching rambut, kamu sudah harus memikirkan perawatan seperti apa yang harus kamu lakukan setelahnya. Mulai dari pemilihan produk perawatan hingga antisipasi yang dilakukan saat rambut benar-benar rusak. Selebihnya? Simak 6 poin berikut ini. :)

Pilih salon dengan reputasi yang baik. Ketika kamu melakukan bleaching rambut, otomatis kamu telah memasukkan bahan kimia ke setiap helai rambutmu. Kalau stylish  nggak terampil, bisa-bisa rambutmu malah kering dan tampak seperti sapu ijuk. Nggak mau, kan? Maka dari itu, pilih salon yang terpercaya di kotamu untuk urusan pewarnaan rambut.

Pilih salon yang tepat. (Via: femalenetwork.com)

Uji terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah rambutmu tahan terhadap bleaching, sebaiknya lakukan beberapa pewarnaan pada beberapa helai rambut atau bagian ujung rambut. Jika bleaching pertama rambutmu baik-baik saja, maka bleaching tahap ke-dua bisa dilakukan.

Lakukan tes terlebih dahulu. (Via: wikihow.com)

Lakukan perawatan rambut. Bahan kimia pada bleaching, secara langsung akan merusak lapisan rambut. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk melakukan perawatan rambut dengan produk-produk yang sesuai. Bahkan, lebih baik lagi kalau kamu melakukan treatment dengan bahan-bahan alami. Lidah buaya, misalnya.

Lakukan perawatan rambut. (Via: davidsions.com)

Jangan langsung keramas. Setelah melakukan bleaching, sebaiknya jangan langsung keramas. Sebab, rambut yang habis di-bleaching akan lebih rapuh dari sebelumnya. Gunakanlah conditioner untuk membersihkan rambutmu. Meski conditioner berfungsi sebagai pelembab, namun ia mampu mengangkat kotoran yang berbasis minyak pada rambut. Bilas yang bersih agar nggak jadi bakal ketombe.

Jangan langsung keramas setelah bleaching. (Via: top10inaction.com)

Ubah kebiasaan membersihkan rambut. Sering-sering keramas bisa menyebabkan pudarnya warna dan bikin rambut makin kering. Pilih sampo yang bebas kandungan sulfat dan conditioner yang dirancang untuk perawatan rambut berwarna. Atau kamu bisa keramas dengan dry shampoo untuk menghindari bau dan minyak secara berlebih.

Pakai dry shampoo lebih baik. (Via: beauty.grivy.com)

Selalu jaga kelembaban rambut dan lindungi rambutmu. Jangan lupakan kelembaban rambutmu. Selalu gunakan conditioner dan serum untuk mendapatkan rambut yang sehat dan warna yang tahan lama. Jika kamu juga melakukan catok, sebaiknya atur suhu dan gunakan produk pelindung tambahan yang bisa melindungi setiap helai dari kerusakan.

Selalu jaga kelembaban rambut. (Via: silkevonrolbiezki.com)

Baca juga: Mau Rambut Ombre Kamu Tahan Lama? Begini Cara Merawatnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading