Sukses

Lifestyle

5 Kesalahan Saat Orang Menggunakan Kartu Kredit

Fimela.com, Jakarta Kartu kredit memang dihadirkan untuk membantumu melakukan transaksi dengan lebih mudah. Dengan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, kamu biasanya akan mendapatkan potongan harga. Belum lagi ada promo menarik yang mereka tawarkan. Tapi, kemudahan tersebut sering kali membuat para pengguna justru terlilit hutang. Dan akhirnya dikenakan denda karena telat membayar.

Banyaknya orang yang terlilit hutang biasanya karena mereka enggak paham kalau kartu kredit itu bukan ladang uang. Mereka menggunakannya seakan kartu kredit adalah uang tambahan. Nah, ini adalah kesalah yang paling fatal, sehingga akan mendorongmu untuk terus menggunakan kartu kredit buat belanja barang yang enggak dibutuhkan. Supaya kamu enggak ikut terjerumus, kenali lima kesalahan di bawah ini. 

Menghindari penggunaan kartu kredit. Banyak orang yang menyimpn rapat-rapat kartu kreditnya, karena takut salah menggunakannya. Mereka kemudian memisahkan kartu kredit di tempat yang  berbeda dengan uang dan kartu debit lainnya. Akhirnya, ketika kamu sangat membutuhkan kartu kredit, kamu malah enggak bisa menggunakannya karena tertinggal di rumah. Terlalu takut dengan penggunaan kartu kredit juga enggak baik. Kamu seharusnya mengatur pola pikirmu, bukannya menyembunyikan kartu kreditmu. 

Kamu enggak tahu limit kartu kreditmu dan berapa banyak sisa 'uang' yang tersisa di dalamnya. Kamu enggak tahu berapa limit kartu kreditmu. Dan sering kali ketika kamu ingin membeli sesuatu yang penting, kartumu sudah mencapai limit dan sudah tidak bisa kamu gunakan kecuali kamu melunasinya. Hal ini pasti sangat mengesalkan sekaligus menyulitkanmu. Sebaiknya, kamu harus tahu berapa limit dan sisa 'uang' yang bisa kamu gunakan. 

kamu punya kartu kredit tapi enggak pernah menggunakannya. Banyak orang punya kartu kreedit tapi enggak pernah menggunakannya. Meskipun iuran tiap tahunnya ringan, tapi kalau kamu enggak menggunakannya, buat apa punya? Selain itu, tagihan akan datang setiap tahunnya. Makanya, lebih baik kamu gunkaan kartu kreditmu untuk membeli hal-hal yang diperlukan dan berguna. 

Telat bayar tagihan. Tagihan akan datang setiap bulan. Pastikan kamu menyiapkan uang untuk membayarnya. Hal yang paling banyak orang lakukan adalah telat membayar tagihan. Sehingga pada tagihan bulan berikutnya, kamu akan dikenakan bunga. Makanya, pastikan pembayaranmu enggak lewat dari tenggat waktu. 

Kamu enggak update tentang pelayanan dan promo baru yang dikeluarkan perusahaan kartu kreditmu. Banyak layanan dan promo yang sebenarnya menguntungkan buat pengguna kartu kredit. Pasti setiap bulan ada promo yang dikeluarkan para perusahaan kartu kredit. Nah, kesalahan yang terakhir adalah kamu enggak update sehingga sering kali kamu melewatkan kesempatan emas untuk mendapatkan potongan harga atau program menguntungkan lainnya. Sebaiknya kamu berlangganan buletin yang bisa kamu subscribe. Sehingga setiap ada promo, kamu akan mendapatkan informasi yang akurat. 

Nah, itu dia lima kesalahan yang sering banget orang lakukan. Sebaiknya, kamu berhati-hati ketika menggunakan kartu kredit. Pastikan kamu punya uang untuk membayar tagihannya. Karena kartu kredit bukannya uang tambahan, tapi hanya alat untuk membantu proses transaksi menjadi lebih mudah. 

Baca juga: 5 Tanda kamu Enggak Bisa Mengatur Keuangan dengan Baik

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan

  • Utang adalah sesuatu yang dipinjam, baik berupa uang maupun benda.

    Utang

What's On Fimela
Loading