Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Pensiun

Fimela.com, Jakarta Pemilik bisnis kecil lebih fokus pada cara mereka memulai, menjalankan, dan menumbuhkan bisnis mereka. Sebagian orang tidak merencanakan untuk pensiun. Sebagian lagi mengasumsikan setiap orang pasti akan pensiun pada akhirnya meskipun mereka tidak merencanakannya. Menurut penelitian yang dilakukan MassMutual, hampir 40% para pengusaha kecil tidak memikirkan kondisi keuangannya saat mereka tua nanti. 

Hal ini biasanya karena mereka mengira keuntungan dari bisnis yang mereka jalani akan memenuhi keamanan finansialnya. Tapi, tidak ada yang tahu masa depan setiap orang. Termasuk masa depanmu sendiri. Maka dari itu, penting untuk memikirkan apa yang harus dilakukan sebelum kamu benar-benar beristirahat, usai bekerja keras selama bertahun-tahun. Asumsi dan tindakan yang tidak tepat akan membahayakan kondisi keuanganmu 10 tahun yang akan datang. Tapi, jangan khawatir, Bintang.com akan membahas tiga hal yang harus kamu lakukan untuk menyiapkan masa pensiunmu. 

Dapatkan penilaian terhadap bisnismu. Kamu yang sudah berhasil mendirikan satu usaha dan menjalankannya harus mulai berpikir tentang masa depan dan perkembangan bisnismu. Kenapa? Karena masa depan tergantung dengan 'motor' bisnis. Mungkin kamu menganggap bisnismu baik-baik saja, karena kamu masih mendapatkan keuntungan setiap hari atau bulannya. Tapi cobalah periksa keuangan perusahaanmu, apakah terancam bangkrut atau akan goyah tiga tahun kemudian, atau justru kokoh sampai 10 tahun mendatang? Mendapatkan penilaian ini memang akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tapi, untuk kebaikan finansial dan kondisi bisnis yang sedang kamu jalani, lebih baik kamu sewa seorang profesional untuk memeriksanya. 

Tentukan apa yang akan kamu lakukan terhadap bisnis jika hal buruk menimpamu. Jika, ini hanya jika, terjadi sesuatu yang buruk pada dirimu dan kamu tidak bisa menjalankan bisnismu, apa yang akan kamu lakukan? Memikirkan ini mungkin malah bikin kamu takut. Tapi, ini penting untuk berjaga-jaga. Bisnismu yang dulu sangat kecil kini sudah menjadi besar dan punya cabang di mana-mana. Tanpa perencanaan, kamu akan mengalami kesulitan kalau terjadi hal buruk menimpamu. Minimal, kamu punya satu orang yang bisa dipercaya untuk menggantikanmu sementara.  

Buat rencana warisan. Nah, soal warisan juga sangat penting. Meskipun mungkin kamu belum berkeluarga saat ini, tapi kamu harus memikirkannya mulai dari sekarang. Kamu harus rencanakan, jika nanti kamu sudah pensiun, siapa yang akan menjadi penggantimu? Apa saja wewenangnya? Seberapa banyak hak dan kewajibannya menjalankan perusahaan? Ini semua harus jelas dan tertuang dalam sebuah perjanjian di bawah hukum. Sehingga tidak akan ada rebutan kedudukan ketika kamu sudah berkeluarga nanti. 

Nah, itu dia tiga hal yang harus kamu lakukan untuk menyiapkan masa pensiunmu. Sehingga keamanan finansialmu tidak akan terganggu. Pembagian warisan pun sudah beres. Kamu hanya tinggal mengembangkan bisnismu hingga besar. Selain itu kamu juga harus menjaga kestabilan keuangan bisnis atau perusahaanmu. 

Baca juga: Awas! 7 Kesalahan Ini Bakal Merusak Rencana Pensiunmu

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan

  • kaya

What's On Fimela
Loading