Sukses

Lifestyle

Jangan Remehkan 5 Hal yang Bisa Sebabkan 'Smartphone' Meledak

Bintang.com, Jakarta Mungkin kamu sempat takut kala mendengar berita soal smartphone meledak. Tak hanya terjadi sekali, peristiwa ini beberapa kali menyeruak sehingga menimbulkan kecemasan. Walau jumlah smartphone yang meledak masih terbilang sedikit, namun aksi pencegahan wajib kamu lakukan kalau ingin ponsel pintarmu punya 'usia panjang'.

Kebanyakan kasus smartphone meledak dipacu oleh tingkat panas berlebih. Tersusun dari berbagai material listrik, membuat ponsel pintar punya tingkat panas yang cenderung tinggi. Munculnya panas tersebut tak terjadi secara serta-merta. Berikut pemicu-pemicu panas yang terlihat sepele, namun bisa berakibat fatal.

Menggunakan ponsel selama proses pengisian baterai. Menurut para ahli dan prosusen smartphone, sangat tidak disarankan untuk menggunakan ponsel pintar selagi proses pengisian baterai berlangsung. Karena pengisian daya kerap menghasilkan banyak panas. Kombinasi panas antara pengisian daya dan penggunaan bisa mengakibatkan panas berlebih yang berbahaya bagi pengguna.

Jangan Remehkan 5 Hal yang Bisa Sebabkan 'Smartphone' Meledak. | via: extremetech.com

Gunakan charger tidak original. Buat kamu yang sering melakukan hal ini dengan alasan berhemat, sekarang saatnya untuk berpikir dua kali. Bukan tanpa alasan, pihak produsen sudah sering kali mengingatkan kalau kualitas dari charger tiruan tak dijamin aman bagi pengguna dan smartphone. Salah-salah, proses pengisian daya tersebut malah berdampak buruk bagi komponen bagian dalam sang ponsel pintar.

Jangan Remehkan 5 Hal yang Bisa Sebabkan 'Smartphone' Meledak. | via: coolpencilcase.blogspot.com

Melakukan proses pengisian baterai terlalu lama. Lagi, satu kebiasaan yang dilakukan hampir oleh sebagian besar orang. Jangan ditinggal tidur atau melakukan berbagai hal dalam jangka panjang ketika sedang melakukan pengisian daya. Energi berlebih yang masuk ke dalam ponsel pintar bisa sebabkan panas dan berisiko memicu ledakan.

Jangan Remehkan 5 Hal yang Bisa Sebabkan 'Smartphone' Meledak. | via: huffingtonpost.com

Pakai baterai tidak original. Berhubungan dengan aksesoris smartphone, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak menawar. Pakai yang original dan punya kualitas baik. Baterai non-original memang lebih mudah dan murah untuk didapatkan. Namun tak punya kualitas baik, membuat baterai ini punya kecenderungan lebih tinggi untuk meledak.

Jangan Remehkan 5 Hal yang Bisa Sebabkan 'Smartphone' Meledak. | via: forbes.com

Mempertahankan baterai dengan cacat fisik. Kalau baterai ponsel pintarmu sudah memperlihatkan tanda ingin 'pensiun', coba biarkan is 'beristirahat' di sudut kamar. Karena kalau kamu tetap menggunakan baterai yang sudah menggelembung misalnya, itu akan menimbulkan potensi produksi panas berlebih yang bisa membuat smartphone terbakar.

Jangan Remehkan 5 Hal yang Bisa Sebabkan 'Smartphone' Meledak. | via: imore.com

 

Baca Juga: 7 Bukti Kalau 'Smartphone' Berbahaya dalam Jangka Panjang

;
Loading