Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Menandakan Kalau Kamu Kurang Minum

Bintang.com, Jakarta Selain makan, manusia juga sangat membutuhkan minum. Nggak cuma untuk menghilangkan haus atau seret, minum juga bisa memberikan pengaruh bagi kesehatan manusia. Tubuh manusia yang sebagian besar kandungannya adalah air membuat kita senantiasa harus mencukupi konsumsi air minum setiap harinya. 

Pada beberapa kasus, ketika kamu kekurangan air, tubuhmu juga akan menujukkan beberapa tanda. Tanda-tanda tersebut merupakan gangguan kesehatan. Seperti apakah tanda kalau kamu kurang minum? Berikut ulasannya~

Mulut kering. Ini adalah tanda yang cukup jelas jika kamu kurang cukup minum. Selain itu, di dalam mulut juga akan terasa lengket ditambah bau tidak sedap nafasmu saat berbicara. Jika kamu mengalami hal ini, segera ambil air putih untuk meredakannya. 

Mulut kering. (Via: healthcare-online.org)

Kulit kering. Kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia. Kulit keringa merupakan salah satu tanda kalau kamu nggak cukup mengonsumsi air putih. Kekurangan air artinya tubuhmu nggak bisa memproduksi keringat dengan normal. Kemudian, tubuh nggak mampu untuk membersihkan kotoran dan minyak yang terakumulasi sepanjang hari. So, ketika kamu mulai berjerawat, mungkin itu tanda kalau kamu kurang minum air.

Kulit kering. (Via: luxedayspasoho.com)

Sering nyeri sendi. Minum merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang. Sebab, tulang rawan dan tulang cakram belakang manusia terdiri dari sekitar 80% air. Dengan minum air, tulang jadi terhindar dari gesekan satu sama lain saat berjalan, serta memastikan sendi akan baik-baik saja ketika kamu bergerak secara tiba-tiba. Entah berlari, melompat, atau tetiba jatuh.

Radang sendi. (Via: vk.com)

Mudah merasa lelah dan lesu. Ketika kamu dehidrasi, maka saat itu pula tubuhmu "meminjam" air dari darah. Sehingga darah kekurangan oksigen untuk dibawa ke seluruh tubuh. Hal tersebut tentu menyebabkan kantuk dan lelah pada tubuhmu.

Mudah lelah. (Via: fxmedcenters.com)

Penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kadar air akan menurun secara alami. Hal ini tentu akan menyadarkan kita bahwa setiap hari harus meningkatkan asupan air. Jika kamu kekurangan air, maka akan berpengaruh pada kesehatan kulit dan bikin kulitmu mengalami penuaan dini.

Penuaan dini. (Via: blogsendnpay.com)

Selain 5 gangguan kesehatan di atas, masalah pencernaan, mata kering, dan mudah sakit juga bisa menjadi indikasi kalau kamu kurang minum air. So, penuhi kebutuhan air minum untuk tubuh sebanyak 8 gelas perhari, ya, Gangs! :D

Loading