Sukses

Lifestyle

Pulau Gunung Wayang, Konon yang Nekat Datang Akan Meninggal

Bintang.com, Jakarta Tak ada yang meragukan pesona Nusa Tenggara. Hamparan pulau-pulau sewarna tembaga dengan biru laut yang begitu memukau adalah sedikit alasan untuk 'tersesat' di timur Indonesia. Namun, di tengah semua pesonanya, Nusa Tenggara menyimpan sekelumit kisah mistis yang dipercaya oleh masyarakat lokal.

Salah satunya, Pulau Gunung Wayang. Pulau keramat yang berada di wilayah Lombok ini hanya boleh dilihat dari jauh, tapi jangan berani-berani untuk menjejakkan kaki di sini. Konon, siapapun yang nekat datang bisa meninggal. Terletak persis di 'seberang' pantai Selong Belanak, kamu akan lihat kerucut yang jadi penanda letak pulau Gunung Wayang.

Pantai Selok Balanak, Lombok. | via: lombokindonesia.org

Pulau Gunung Wayang dianggap keramat oleh suku sasak. Sudah banyak korban yang seakan jadi bukti keangkeran pulau ini. Siapa saja yang datang tanpa izin pemangku adat, maka pasti meninggal. Hingga sekarang, tak ada yang tahu penyebab turis yang datang ke pulau Gunung Wayang akan berhujung pada kematian, pun tak ada yang tahu menapa pulau itu dikeramatkan suku Sasak.

Pantai Selok Balanak, Lombok. | via: triptease.com

Penduduk lokal saja tak berani berada dekat-dekat dengan pulau tersebut. Juga, warga lokal memperingatkan pendatang yang hendak berselancar untuk tak mendekat ke arah pulau karena berbahaya. Karena mitos, kamu bisa percaya atau tidak. Namun, harus diingat kalau ketika traveling (bahkan saat tidak bepergian) kamu hanya seorang tamu. Jadi, ada baiknya menghormati kepercayaan peduduk lokal sebagai bumbu perjalanan di tanah Nusa Tenggara.

Loading