Sukses

Lifestyle

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat

Fimela.com, Jakarta Seperti sudah diketahui oleh banyak masyarakat dunia bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya akan berbagai jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Ya, ada lebih dari 940 jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Tidak hanya sebuah omong kosong belaka, tapi berbagai jenis tanaman yang ada di Indonesia telah diakui oleh masyarakat dunia sangat bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit yang di derita oleh manusia. Dan berikut ini adalah 10 diantara tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat.

Daun Bayam Duri. Bermanfaat untuk mengobati disentri, mengatasi keputihan, mengatasi sakit tenggorokan, mengatasi radang saluran pernapasan, mengobati sakit gigi, mengobati TBC kelenjar, dan mengobati kencing nanah.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: 2.bp.blogspot.com

Kembang Telang. Bermanfaat untuk mengobati gangguan penglihatan, mengobati sakit telinga, mengobati bisul (abses), untuk mencuci darah, mengobati bronchitis, bahan pewarna makanan alami, detoksifikasi, mengatasi gangguan seksual pada wanita, mengobati batuk, mengobati infeksi tenggorokan, mengurangi stres, dan menambah kekuatan otak.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: 4.bp.blogspot.com

Daun Ciplukan. Bermanfaat untuk mengobati flu, radang tenggorokan, pertusis (batuk rejan), mengobati gondongan, obat untuk bisulan, mempercepat pengeringan borok, mengobati kencing manis, mengurangi penyakit paru-paru basah, mengurangi resiko terjadinya epilepsi, dan meredakan gangguan kelenjar getah bening.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: 2.bp.blogspot.com

Daun Cincau. Bermanfaat untuk mengobatis sakit perut, hipertensi, menurunkan demam, mengendurkan otot, mengobati tumor ganas, mengobati kanker ginjal, mengobati vertigo, kolesterol, dan maag kronis.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: tanamanobatherbal.meximas.com

Daun Jinten. Bermanfaat untuk menurunkan demam, asma, batuk, sakit kepala, rematik, ayan, perut kembung, memperbanyak asi, aphrodisiac, batuk, sariawan perut, dan sakit kepala.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: 4.bp.blogspot.com

Daun Katuk. Bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, melancarkan ASI ibu yang tengah menyusui, mencegah penyakit mata, baik untuk kesehatan pria, pengangkut lemak, menyehatkan gusi, pemacu imunitas dan ketahanan tubuh.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: pohonrindang.com

Daun Lidah Buaya. Bermanfaat untuk alkalisasi tubuh, sistem imun tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, mengurangi berat badan, sumber asam amino, melawan peradangan, membantu system pencernaan, sumber vitamin dan mineral, membantu penderita diabetes, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: annunaki.files.wordpress.com

Daun Encok. Bermanfaat untuk obat saluran kencing, infeksi saluran kencing, batu empedu, batu ginjal, kencing berdarah, radang prostat, influenza, demam, batuk rejan, radang saluran pernapasan, mimisan, batuk berdarah, cacingan, dan nyeri lambung.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: fungsi.info

Daun Saga Telik. Bermanfaat untuk mengobati jantung berdebar dan keringat dingin, mengobati tekanan darah tinggi, mengobati batuk kering, amandel, radang mata, sariawan, penyehat rambut, batuk berdahak pada anak, dan serak atau radang tenggorokan.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: 3.bp.blogspot.com

Daun Sambiloto. Bermanfaat untuk mengobati tifoid, mengobati disentri basiler, mengobati diare, mengobati radang saluran pernapasan, radang paru, disentri, influenza, sakit kepala, demam, dan mengobati TB paru.

10 Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ramuan Obat | via: 3.bp.blogspot.com

Itulah 10 tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Tentunya bukan cuma sekali, tapi berbagai tanaman obat tersebut memang sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia sejak dulu kala, sehingga sudah dapat dipastikan bahwa khasiatnya tidak dapat diragukan lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading