Sukses

Lifestyle

5 Cara Ampuh untuk Menyelesaikan Semua Pekerjaan di Kantor

Fimela.com, Jakarta Berapa banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan dalam sehari di kantor? Berapa kali dalam seminggu kamu pulang tepat waktu dari kantor? Sebagian besar karyawan tetap sering kali duduk di kursi hanya menatap layar kosong, scroll up-scroll down laman surat elektronik, dan juga mengerjakan hal lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan. 

Ini yang mungkin dinamakan mengulur waktu dan orang yang suka menunda pekerjaan. Akibatnya, kamu membawa pulang banyak pekerjaan ke rumah. Atau pulang ke rumah larut malam. Waktu istirahatmu pun menjadi berkurang. Pantas saja kamu tidak semangat esok paginya. Semua orang pasti ingin pulang dari kantor dengan wajah berseri-seri tanpa beban. Danny Wong, seorang pengusaha, penulis, dan pemasar asal Amerika memberikan lima saran agar kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan di kantor. 

Temukan sendiri cara agar menjadi produktif. Setiap orang punya kekuatan dan daya kerja yang berbeda-beda. Caramu menerima dan memproses informasi tidak sama dengan orang lain. Jika orang lain bisa menyelesaikan lima hal dalam 5 jam, mungkin kamu bisa menyelesaikannya lebih dari 6 jam. Tapi, kamu harus ingat. Menurut Biro Statistik Ketenagakerjaan, bekerja lebih lama dari waktu yang sudah tentukan tidak akan membuatmu lebih produktif. Jadi, kamu harus cari tahu sendiri pukul berapa sampai pukul berapa kamu aktif dan bisa bekerja dengan produktif. 

Bekerjalah dalam sebuah tim. Kalau kamu bukan orang genius seperti Thomas A. Edison atau Albert Einstein, jangan pernah merasa hebat dan mengerjakan semua pekerjaan sendirian. Kamu harus bekerja dalam tim. Bagilah pekerjaan sesuai dengan porsinya. Sehingga otak dan tenagamu tidak terkuras habis untuk bekerja di kantor. 

Tanaman hijau ternyata bisa meningkatkan produktivitasmu. Sebuah penelitian yang dicantumkan dalam artikel 6 Ways to Actually Get Work Done in the Office pada majalah Entrepreneur mengatakan, tanaman hijau bisa meningkatkan produktivitasmu di kantor. Karena tanaman hijau membuat udara yang kamu hirup menjadi segar. Sehingga lingkunganmu nyaman untuk bekerja. Kamu tidak perlu membawa tanaman hidup ke dalam ruangan jika tidak diperkenankan. Pilih saja tempat duduk dekat jendela sehingga kamu bisa memandangi pepohonan. 

Berjalanlah. Kecanggihan sistem telekomunikasi telah membuatmu dan sebagian besar orang lainnya malas untuk beranjak dari kursi. Mereka akan menelepon rekan kerja yang berada di sebelah ruangannya jika ingin menyampaikan sesuatu. Atau mereka mengirimkan email. Padahal, jarak mereka hanya beberapa lantai. Memang, email dan telepon akan mempersingkat waktu. Tapi sesekali jika kamu luang, lebih baik menghampiri rekan kerjamu dari pada mengirim email. Sehingga tubuhmu bergerak dan tidak akan membuatmu suntuk. 

Berikan hadiah pada dirimu sendiri. Untuk memotivasimu bekerja dengan giat, kamu bisa memberikan hadiah pada dirimu sendiri. Jadi, jika kamu terus-menerus menyelesaikan semua pekerjaan di kantor selama dua minggu berturut-turut, kamu bisa membeli makanan yang mahal atau membeli sepasang sepatu yang cantik. Bisa juga dengan pergi spa bersama teman atau keluarga. Ini akan membuatmu lebih termotivasi untuk bekerja dengan cepat dan tepat. 

Itu dia lima cara agar kamu bisa pulang tepat waktu tanpa harus membawa pulang pekerjaan. Sehingga waktu istirahatmu di rumah tidak berkurang. Lagi pula, jika sering lembur, kamu bukannya dicap sebagai karyawan yang rajin, lho. Tapi karyawan yang tidak bisa mengatur waktunya dengan baik dan lalai dalam bekerja. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading