Sukses

Lifestyle

Jalani Bisnis, 5 Kunci Agar Hubunganmu dengan Anak Tetap Hangat

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang yang membangun bisnis pasti sangat sibuk dan memiliki jam kerja yang tidak teratur. Ketika kamu hanya memiliki keluarga inti; orangtua, adik, dan kakak, mungkin membagi waktu tidaka akan begitu sulit. Tapi, ketika kamu sudah berkeluarga dan memiliki buah hati, banyak pengusaha yang kewalahan. 

Menjaga hubungan dengan anak agar selalu harmonis dan hangat tidak mudah, saat kamu harus melakukan business trip sekaligus mengurus dan mendidiknya. Peran pasanganmu memang dibutuhkan, tapi anak juga harus mendapatkan perhatian dan kasih sayang darimu. Agar bisnis tetap berjalan, sementara hubungan dengan anak tetap terjaga, kamu bisa melakukan lima hal di bawah ini. 

Usahakan selalu ada waktu untuk bersamanya setiap hari. Banyak orangtua yang hanya menyediakan waktu untuk anaknya pada saat akhir pekan. Meskipun akhir pekan merupakan waktu yang paling pas untuk berbagi canda bersama buah hati, tapi kamu juga harus memberikan perhatian kepadanya setiap hari. Hubungan yang erat harus terus dibina setiap hari. 

Ikut sertakan anak saat kamu mengurus bisnis. Pebisnis kawakan biasanya sering mengadakan perjalanan bisnis. Jika anakmu sudah cukup besar, kenapa tidak 'bawa' buah hatimu untuk ikut business trip? Tunjukkan dunia yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Selain itu, tidak ada salahnya menunjukkan dunia bisnismu kepadanya. Sehingga mereka akan paham kenapa kamu sangat sibuk dan mendidik mereka agar selalu jadi anak yang mandiri. 

Jadikan rumah sebagai kantormu. Dari pada harus meninggalkan buah hati pagi-pagi, lebih baik memindahkan kantormu ke rumah. Sehingga kamu bisa mulai bekerja kapan saja, bahkan setelah anakmu berangkat sekolah. Tenagamu juga tidak akan terbuang sangat banyak. Sehingga kamu bisa membagi waktu dengan lebih mudah leluasa, antara keluarga dan pekerjaan.

Jalin komunikasi yang baik dan erat. Mengajak anak ikut dalam perjalanan bisnismu memang tidak mudah. Jika jaraknya terlalu jauh dan waktunya terlalu panjang, terpaksa harus meninggalkannya di rumah bersama pasangan atau orangtuamu. Meskipun begitu, kamu tetap harus menjalin komunikasi setiap hari. Telepon atau bahkan video call sangat baik untuk kamu lakukan. 

Kekuatan pikiran dan keyakinan. Di samping empat hal di atas, ada satu cara yang juga ampuh selama memendam rindu antara kamu dan buah hati. Kamu memang tidak bisa terus berada di sampingnya. Tapi kamu harus membuatnya yakin, meski kalian terpisah jarak dan waktu, kamu menghirup udara yang sama. Memandang langit dan matahari yang sama. Dengan membangun konsep yang sebenarnya sederhana ini, hubunganmu akan selalu erat meski jarang bertatap muka secara langsung. 

Itu dia lima hal yang bisa kamu lakukan, agar hubungan dengan anak tetap terjalin. Meskipun kamu sibuk dan pekerjaan sangat banyak, anak tetap harus berada di urutan teratas. Bagaimana pun, kamu bekerja keras untuk anak-anakmu. Bukan hanya untuk kebahagiaan dirimu semata. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading