Sukses

Lifestyle

Ketahui Alasan Kenapa Minyak Kelapa Lebih Baik dari Minyak Apapun

Fimela.com, Jakarta Untuk memasak makanan yang digoreng, pasti kamu akan mengambil minyak sebagai bahan untuk mematangkan makananmu. Minyak sayur adalah salah satu jenis minyak yang banyak dijual di pasaran dan banyak juga jadi pilihan ibu rumah tangga untuk memasak. Meski studi telah banyak menunjukkan kalau makanan yang digoreng memiliki dampak buruk bagi kesehatan, namun tetap saja banyak produsen mengiming-imingi produk yang menyehatkan.

Beberapa penelitian telah dilakukan menunjukkan bahwa minyak sayur, seperti minyak bunga matahari dan minyak jagung akan mengeluarkan bahan kimia berbahaya bernama aldehida ketika dipanaskan. Zat kimia ini memiliki kaitan utama dengan gangguan kesehatan, seperti kanker, penyakit jantung dan demensia.

Minyak sayur akan melepaskan zat kimia berbahaya saat dipanaskan. (Via: thebetterindia.com)

Tak hanya itu, konsumen juga bisa mengalami komplikasi kehamilan, peradangan, tekanan darah tinggi dan maag juga beberapa risiko kesehatan yang berhubungan dengan aldehida. Makanan yang digoreng dengan minyak sayur menghasilkan 100-200 kali aldehida, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa jumlah tersebut masih aman. Namun, kandungan Omega 6 asam lemak pada minyak nabati dapat memicu kerusakan kesehatanmu, sedangkan omega 3 di minyak sayur nggak ada gunanya.

Sedangkan minyak kelapa dan mentega aman. (Via: vida-estilo.estadao.com.br)

Lalu, apa solusinya?

Solusinya ada pada minyak kelapa dan mentega. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, minyak kelapa dan mentega nggak melepaskan bahan kimia berbahaya ketika dipanaskan, sehingga aman bagi kesehatan. Berbeda dengan minyak nabati, minyak kelapa dan mentega merilis aldehida saat memanas. Para ilmuwan menyarankan, untuk memasak makanan sebaiknya kamu menggunakan minyak kelapa.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading