Sukses

Lifestyle

Lulus Kuliah Belum Bekerja? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang yang baru lulus kuliah langsung melamar ke berbagai perusahaan. Sambil menunggu panggilan untuk wawancara seleksi, kamu pasti merasa sangat khawatir karena takut tidak lolos pada tahap seleksi CV.

Waktu selama menunggu panggilan kerja tiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya dua sampai tiga bulan, ada juga yang lebih dari setahun. Sebenarnya kamu tidak usah putus asa karena belum mendapat pekerjaan. Selain terus mencoba, ada beberapa kegiatan yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu. 

Mengikuti seminar/workshop. Dari pada menganggur tanpa ada kerjaan di rumah, lebih baik cari informasi apakah ada seminar yang menarik dan sesuai pada bidangmu. Soalnya, seminar atau workshop juga bisa memperkaya ilmu dan pengalaman. Lagi pula, sertifikatnya bisa gunakan sebagai modal untuk melamar kerja. 

Lulus Kuliah Belum Bekerja? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Ini | via: brokelyn.com

Menjadi relawan. Banyak sekali lembaga sosial yang mencari relawan untuk membantu mengembangkan organisasi mereka. Bahkan sebagian lembaga bergerak di dunia sosial, pendidikan dan bencana alam. Nah, kamu bisa mendaftar menjadi salah satu relawan di sana. Meski kamu tidak mendapatkan bayaran, tapi kamu pasti akan belajar banyak! Pokoknya kamu tidak akan rugi saat mendaftarkan diri menjadi relawan. Tapi, pastikan lembaga atau yayasan tersebut berbadan hukum dan terpercaya. 

Lulus Kuliah Belum Bekerja? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Ini | via: namidamara.wordpress.com

Menulis untuk media massa. Buat kamu yang hobi menulis, jangan hanya menulis pada blogmu atau buku harian. Cobalah untuk menuliskan opinimu dan mengirimkannya pada sejumlah media massa cetak. Misalnya koran harian, majalah, atau tabloid. Kamu bisa menulis surat pembaca, atau artikel. Jika artikel terpilih dan dimuat di kolom opini, kamu akan mendapatkan bayaran, lho! 

Lulus Kuliah Belum Bekerja? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Ini | via: digital.vpr.net

Bangun usaha kecil-kecilan. Belum mendapatkan pekerjaan, artinya belum ada pemasukan yang banyak dan tetap. Mungkin kamu merasa malu pada teman lain atau keluarga karena masih saja menganggur sejak lulus kuliah beberapa bulan lalu. Tapi kamu tidak usah khawatir karena bisa membangun usaha kecil-kecilan bersama teman atau saudara. Siapa tahu, usahamu bisa tumbuh dan berkembang menjadi bisnsi yang besar!

Lulus Kuliah Belum Bekerja? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Ini | via: veryfund.co

Rencana untuk melanjutkan kuliah. Buat kamu yang baru lulus dan belum mendapatkan pekerjaan, coba, deh, datang ke pameran pendidikan luar atau dalam negeri. Mungkin kamu akan tertarik untuk melanjutkan studimu di dalam atau luar negeri. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi tentang  beasiswa ya. 

Lulus Kuliah Belum Bekerja? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Ini | via: konsultanpendidikan.com

Liburan. Kalau kamu masih memiliki sejumlah uang dalam tabungan, tak ada salahnya untuk mengemas barang dan pergi berlibur ke pulau impian bersama teman dan keluarga. Setelah lulus kuliah, kamu pasti membutuhkan hiburan dan liburan untuk melepas penat, kan? 

Lulus Kuliah Belum Bekerja? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Ini | via: wisatadilombok.com

Itu dia enam hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah, jika belum mendapatkan pekerjaan. Mencari kerja itu memang tidak mudah. Karenanya, kamu tidak usah khawatir kalau belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading