Sukses

Lifestyle

5 Makanan Berlemak yang Baik untuk Program Diet

Fimela.com, Jakarta Saat melakukan diet, para pelakunya tentu akan sangat memperhatikan asupan makanan dan nutrisi yang terkandung di makanan yang mereka konsumsi. Mulai dari vitamin, protein, karbohidrat, gula, hingga lemak yang masuk ke dalam tubuh harus dihitung agar tidak kekurangan apalagi berlebihan.

Meski lemak diperlukan oleh tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan lemak bisa jadi musuh. Oleh karena itu, para pelaku diet harus pintar dalam memilih lemak untuk dikonsumsi. Lemak baik adalah salah satu jenis lemak yang mendukung program diet. Makanan apa sajakah yang mengandung lemak baik? Simak pada 5 poin berikut ini.

Ikan. Tak semua ikan baik untuk diet. Salmon, mackerel, sarden, tuna, haring, dan forel adalah jenis ikan yang mengandung sumber lemak baik dan omega 3. Ikan-ikan tersebut membantu menjaga kesehatan jantung dan membuat otak tajam, apalagi saat usiamu bertambah. The American Heart Association menyarankan, konsumsilah 6 ons ikan berlemak semingg dengan dipanggang atau direbus.

Ikan. (Via: sehatraga.com)Lemak ikan (Via: sehatraga.com)

Alpukat. Jadikan alpukat sebagai selai pada sandwichmu, atau kamu bisa mengolahnya menjadi guacamole. Buah ini baik untuk jantung dan dapat membantu dengan gejala osteoarthritis, gangguan tulang. Ketika kamu mengonsumsi alpukat, ia akan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lebih baik. Setengah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 115-160 kalori. Cocok buat kamu yang lagi diet!

Alpukat (Via: blog.plated.com.s3.amazonaws.com)

Biji-bijan. Kuaci merupakan salah satu camilan yang baik untuk tubuh. Ia mengandung lemak baik yang dapat menurunkan kolesterol. Secara umum, lemak yang berasal dari tanaman lebih sehat daripada lemak yang berasal dari hewan. Misalnya, daging dan susu.

Kuaci (Via: plus.google.com)

Minyak zaitun. Pakai miyak zaitun untuk masak atau dressing salad. Minyak ini mengandung lemak baik yang tinggi. Meski baik, namun kamu harus selalu ingat kalau mengonsumsi minyak berlebihan nggak baik, untuk itu kamu cukup menyemprotkan wajan dengan minyak zaitun, bukan menyiramkannya.

Minyak zaitun. (Via: soulvegansummit.com)

Sayur. Sayuran juga termasuk dalam jajaran makanan dengan lemak baik bagi tubuh. Bayam, kale, dan kubis Brussel menawarkan beberapa omega 3. Karena tubuh kita nggak bisa menghasilkan lemak baik sendiri, kamu harus mendapatkannya dari makanan. Konsumsi 500 gram perhari sayuran. Tambahkan ikan pada menu diet agar kandungan omega 3 semakin lengkap.

Sayuran (Via: necturajuice.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading