Sukses

Lifestyle

Sekeping Nuansa Indonesia di Negara-negara Eropa

Fimela.com, Jakarta Bangunan megah dengan arsitektur menawan adalah sedikit angan turis Indonesia akan daratan "asing" Eropa. Entah mengapa, benua yang berada di utara Bumi itu kerap dipersepsikan sebagai rumah bagi sejuta pesona. Mungkin karena jarak. Mungkin juga karena deskripsi dari lantunan tembang yang sudah melegenda.

Meski jauh, ternyata nuansa Indonesia pun bisa tetap dirasakan melalui rumah adat khas beberapa daerah yang bisa ditemukan di tengah kungkungan kotak-kotak bangunan khas Eropa. Berikut jajaran tempat untuk mencicip sekeping Indonesia di daratan benua biru.

Siapa sangka kalau rumah gadang khas Minangkabau pun bisa ditemukan di antara jajaran bangunan Rotterdam yang terkenal berarsitektur unik itu? Kala bertandang ke Kralingse Bos, pemandangan rumah adat khas Minangkabau tentu langsung menarik perhatian pengunjung. Bangunan yang merupakan restoran ini memang jadi satu view lain di hutan kota Rotterdam tersebut.

Restoran Minangkabau, Rotterdam, Belanda. | via: Flickr

Sedikit nuansa Indonesia pun hadir di Belgia. Tak hanya berwujud bangunan tunggal. Negara yang terkenal akan produksi waffle ini sengaja mendirikan "taman Indonesia" The Kingdom of Ganesha. Mulai dari pura cantik bernuansa undakan persawahan Ubud hingga rumah adat Nusa Tenggara Timur adalah bingkaian panorama Indonesia yang bisa memanjakan mata.

The Kingdom of Ganesha, Belgia. | via: pairidaiza.eu

Lanjutkan perjalanan ke negara tetangga Belanda dan Belgia, terdapat rumah adat suku batak, yakni Bolon di Jerman. Walau tak setinggi Bolon yang ada di Indonesia, namun bangunan yang sudah ada sejak 1978 ini tentu cukup menghantarkan "warna" Indonesia di negeri yang pernah terpisah bagian timur dan baratnya itu.

Rumah Adat Batak, Werpeloh, Jerman. | via: Cornelia/Martin

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading