Sukses

Lifestyle

Studi: Ternyata Menyusui Bisa Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Fimela.com, Jakarta Bagi ibu yang baru saja melahirkan anak, menyusui jadi hal wajib dilakukan pada anak. Kandungan kolostrum pada ASI (Air Susu Ibu) sangat berperan penting dalam pembentukan sistem imun bayi secara alami. Selain itu, air susu ibu juga menjadi salah satu perantara asupan makanan pada bayi.

Lebih dari itu, belakangan ini telah ditemukan, sebuah studi yang membuktikan bahwa menyusui bisa membantu perempuan yang memiliki diabetes gestasional, yaitu diabetes selama masa kehamilan, menjadi diabetes seumur hidup. Para peneliti dari Kaiser Permanente di Oakland, California, memantau para wanita yang memiliki diabetes gestasional selama dua tahun setelah persalinan.

Foto menakjubkan ibu yang sedang menyusui | via: brightside.me

Dilansir dari Time.com pada Senin (30/11), studi yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine, Senin, menemukan bahwa risiko pengembangan diabetes tipe 2 bisa ditekan hingga setengahnya dengan menyusui lebih lama. "Kehamilan merupakan tantangan metabolik," kata Erica Gunderson P., ketua penelitian kepada New York Times.

Glamorous Mama (Via: vavoomvintageblog.com)

Selama menyusui, kadar glukosa lebih rendah dan sedikit permintaan untuk insulin. "Salah satu penjelasan biologis adalah bahwa menyusui memberikan sel beta pankreas ibu untuk beristirahat, hal ini memungkinkan untuk pemulihan setelah masa kehamilan," sambungnya.

Victorian Mama (Via: buzzfeed.com)

Hasil temuan sebelumnya yang dipublikasikan akhir bulan lalu, selain mencegah diabetes tipe 2, menyusui juga bisa membantu melindungi seorang ibu dari hormon yang menyebabkan kanker payudara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading