Sukses

Lifestyle

4 Fakta BKS Iyengar yang Hiasi Google Doodle Hari Ini

Bintang.com, Jakarta Laman Google hari ini Senin (14/12), khusus didedikasikan untuk rayakan ulang tahun BKS Iyengar ke-97. Bukan kali pertama, sang mesin telusur raksasa kerap ciptakan doodle kreatif bagi sederet perayaan yang mungkin saja dilupakan oleh sebagian masyarakat dunia.

Tak hanya satu, berbagai pose yoga yang ditampilkan melalui Doodle seakan begitu merepresentasikan sosok Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar. Dilansir dari Zee News, berikut sederet fakta menarik tentang BKS Iyengar yang sosoknya hiasi Google Doole hari ini.

Tak lahir di waktu yang menyenangkan. Iyengar lahir pada 14 Desember 1918 di Belur, Karnataka, India, saat wabah flu menyerang wilayah setempat. Bahkan, sang ibu pun turut terjangkit flu ketika melahirkan Iyengar. Karenanya, kondisi sang guru yoga dunia kala lahir terbilang lemah.

BKS Iyengar. | via: america.aljazeera.com

Lalui masa kecil yang tak mudah. Karena sejak lahir sudah punya kondisi tubuh yang lemah, tak heran kalau saat beranjak remaja pun Iyengar kerap jadi korban sederet penyakit "khas" India, yakni malaria, tipus, dan TBC. Namun, keadaan makin membaik kala Krishnamacharya, guru yoga bagi Iyengar, menikah dengan kakaknya.

Google buat Doodle dengan pose yoga demi rayakan ulang tahun ke-97 BKS Iyengar. | via: Google

Dikenal sebagai salah satu guru yoga terbaik di dunia. Lewati serangkaian latihan bersama Krishnamacharya, Iyengar akhirnya mencetak prestasi sebagai salah satu guru yoga terbaik di dunia. Bahkan, Iyengar pun menerbitkan berbagai buku, termasuk Light on Pranayama, Yoga Sutras of Patanjali, dan Light on Yoga.

Google buat Doodle dengan pose yoga demi rayakan ulang tahun ke-97 BKS Iyengar. | via: Google

Sanggup raih sederet penghargaan. Ketika sukses sudah digenggam, maka sederet penghargaan pun kerap dibawa pulang oleh BKS Iyengar. Laki-laki yang menghembuskan napas terakhir pada 20 Agustus 2014 lalu ini sempat menerima penghargaan Padma Shri di tahun 1991, Padma Bhushan pada 2002, dan 2014 untuk Padma Vibhusan. Bahkan, Iyengar pun dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah Time 11 tahun silam.

BKS Iyengar. | via: pixgood.com